Keyword Research – Tips dan Hal Penting

Keyword research atau riset keyword, anda pasti sudah sering sekali mendengar istilah keyword atau kata kunci ini. Mempelajari tentang keyword research merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sejak awal mulai mengembangkan website atau bisnis online.

Pentingnya keyword research

Apa gunanya keyword atau kata kunci untuk website? Sebagai pemilik situs, tentunya anda mau pengguna search engine dapat menemukan situs anda ketika memasukkan kata-kata pencarian. Inilah yang disebut dengan keyword. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat mesin pencari akan dapat menemukan page-page atau konten pada website, sehingga situs anda akan lebih ramai visitor.

Keyword research akan dilakukan secara terus menerus selama anda masih mengurus website. Setiap kali menambahkan konten baik berupa artikel atau gambar, anda akan mau menggunakan keyword yang tepat agar page tersebut dapat lebih mudah masuk ke page 1 mesin pencari khususnya google.

Penggunaan keyword dalam SEO on page dan off page

Anda akan menyisipkan keyword atau kata kunci yang mau ditargetkan pada konten situs anda, misalnya artikel.

Semisalnya anda ingin pengguna search engine menemukan situs anda ketika melakukan pencarian tentang game online. Maka anda akan menyisipkan beberapa kata tentang game online pada konten. Kata-kata seperti game online, game online terbaik, game android online 2021, permainan online game, dsb.

Nantinya mesin pencari akan dapat menemukan kata-kata tersebut dan menampilkannya pada pengguna yang melakukan pencarian. Tentunya sesuai dengan urutan seberapa kuat optimasi SEO situs anda dan situs-situs kompetitor atau saingan.

Sedangkan pada off page, keyword akan digunakan dalam anchor text yang di dalamnya terdapat tautan menuju website tertentu.

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan riset kata kunci

Meskipun sudah mengetahui seberapa penting keyword untuk website dan bisnis online anda, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan agar mendapat nilai optimasi SEO yang baik.

  • Volume pencarian

Volume pencarian adalah seberapa sering sebuah keyword dicari. Anda pastinya mau mendapat rank setinggi mungkin untuk keyword dengan jumlah pencarian yang tinggi. Mendapat rank page 1 google search untuk keyword dengan volume pencarian kecil bisa saja membuat page anda tidak mendapat visitor.

Anggaplah seperti ini, di kota anda adalah satu-satunya penjual suatu produk tertentu. Tetapi kalau tidak ada orang yang mau membeli, maka status sebagai satu-satunya penjual akan tidak berarti. Sama seperti riset pasar yang harus dilakukan untuk mengetahuhi seberapa besar permintaan masyarakat terhadap suatu barang, riset keyword juga dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak pengguna search engine yang mencari keyword tertentu.

Untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian untuk keyword yang diinginkan, bisa menggunakan berbagai macam tool untuk keyword research.

  • Kompetitor

Sama seperti perdagangan, penggunaan keyword pun memiliki kompetitor. Mungkin anda mau menghindari penggunaan kata kunci dengan kompetitor yang berat.

Untuk mengetahui seberapa sulit kompetisi sebuah keyword, dapat menggunakan beberapa keyword tool.

keyword tool

Atau cara lainnya yang gratis anda dapat melakukan pencarian sendiri untuk keyword tertentu dan melakukan pengecekan sendiri terhadap beberapa page yang meranking. Sama seperti mengecek harga-harga atau promo produk serupa yang dijual saingan.

  • Konten page

Ketika mendapat rank terhadap suatu keyword, google akan menampilkan link untuk menuju website atau page konten tersebut. Tetapi kalau konten page untuk link tersebut tidak ada hubungannya dengan keyword tersebut, maka user yang mengklik bisa saja langsung menutup page. Hal ini akan memberi indikasi pada google kalau konten tersebut tidak ada hubungannya dengan keyword tersebut dan page tersebut akan mengalami penurunan rank.

Sebagai contoh, sebut saja artikel pada page anda membahas tentang motor ninja. Apa jadinya bila page tersebut mendapat keyword untuk beli motor ninja murah, padahal situs anda hanya mereview saja tidak menjual motor ninja tersebut.

  • Tujuan pengguna melakukan penelusuran

Pengguna search engine bahkan termasuk anda melakukan pencarian berdasarkan berbagai tujuan. Misalnya ingin membeli laptop baru, maka anda akan masukkan keyword seperti beli laptop baru, jual laptop baru 2021. Atau kalau mau mengetahui info harga laptop tersebut anda akan melakukan pencarian tentang harga laptop baru, harga laptop murah, review laptop baru, dsb.

Karena itulah anda tidak mau mengincar keyword yang bertujuan untuk menjual atau membeli pada konten yang hanya ditujukan untuk informasi saja. Selalu ingatlah untuk menghubungkan konten dengan keyword yang mau ditargetkan.

Tips untuk melakukan keyword research

Sangat disarankan sekali untuk menggunakan keyword research tool, baik yang gratis ataupun premium. Dengan menggunakan keyword tool akan lebih mudah untuk menemukan keyword-keyword penting untuk konten situs anda.

Berbagai keyword tool yang dapat berguna bagi anda dapat dilihat di Keyword research tool SEO.

Kalau anda memutuskan untuk menggunakan tool premium seperti ahrefs atau semrush, anda dapat memeriksa website kompetitor untuk mengetahui berbagai macam keyword yang bermanfaat.

Meskipun tetap dapat melakukan pengecekan keyword terhadap kompetitor tanpa menggunakan tool premium, sayangnya akan lebih memakan waktu. Anda dapat melakukan berbagai macam penelusuran pada search engine dan mencatat berbagai website yang meranking untuk suatu keyword tertentu.

Apa itu longtail keyword? Singkatnya adalah kata kunci yang lebih panjang, atau kata kunci yang lebih jarang dicari dibandingkan kata kunci utama.

Kenapa harus menggunakan kata kunci yang jarang dicari? Karena longtail keyword akan mengandung kata kunci utama di dalamnya. Misalkan kata kunci utama yang anda targetkan adalah game online, maka versi longtailnya adalah permainan game online, game online android, game online terseru, game online android terbaik, dll.

Related keyword atau kata kunci terkait adalah kata kunci yang berdekatan. Misalnya adalah permainan online, permainan game android, permainan online terbaru.

Untuk menemukan longtail dan related keyword yang termudah adalah dengan menggunakan mesin pencari google. Setelah memasukkan kata-kata penelusuran tinggal langsung saja geser layar ke paling bawah untuk menemukan penelusuran terkait. Dan pastinya anda juga dapat menggunakan keyword tool.

google keyword research tool

Tidak perlu khawatir ketika menggunakan kw longtail, karena mesin pencari khususnya google sudah semakin pintar dan dapat menghubungkan 1 keyword dengan keyword terhubung lainnya. Dengan begini selain dapat meranking dengan longtail, keyword utama juga mendapat rank juga.

Penutup

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, riset keyword sangatlah penting dalam praktek SEO baik on page maupun off page. Riset keyword tidak hanya dilakukan sekali saja, tetapi setiap kali akan melakukan update konten untuk situs anda. Sangat penting sekali agar konten baru anda juga menggunakan data-data keyword terbaru.

Dengan memilih kata kunci penelusuran yang tepat, website anda akan dapat lebih mudah mendapat rank di mesin pencarian khususnya google.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *