Syarat dan Cara Monetisasi Blog yang sukses

Awalnya, memiliki kegiatan blogging dilakukan oleh mereka yang memiliki hobi menulis atau membuat kreasi konten berupa tulisan, gambar atau video di internet. Namun seiring berjalannya waktu, kini blogging bisa dilakukan untuk memberikan penghasilan tambahan. Di antaranya adalah dengan melakukan monetisasi blog.

Berapakah keuntungan yang bisa didapat dari monetisasi blog?

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi nilai ini, faktor utama yang paling mempengaruhi tentunya adalah jumlah pengunjung harian. Selanjutnya adalah bila anda menggunakan program seperti adsense atau adsterra, lokasi iklan pada page dan nilai cpc atau cpa iklan juga akan mempengaruhi.
Bila anda misalnya memasarkan blog anda untuk pemasangan iklan dari perusahaan tertentu, maka pastinya kontrak perjanjian dari perusahaan tersebut akan mempengaruhi.
Tetapi intinya adalah semakin ramai sebuah blog maka potensi keuntungan akan semakin tinggi juga.

Apakah monetisasi blog untuk jaman sekarang ini masih menjanjikan?

Jumlah website atau blog di dunia setiap hari terus bertambah dan belum ada tanda-tanda akan tergantikan dalam waktu dekat. Tidak seperti jaman dulu, jaman sekarang orang-orang mencari informasi atau produk melalui internet. Selama anda bisa menyediakan informasi atau produk yang relevan dan tentunya berkualitas, maka website atau blog anda akan selalu memiliki potensial.
Tips cara membuat blog ramai

Apakah sulit untuk membangun blog dari nol?

Bila anda seorang pemula atau baru belajar, kelihatannya memang sulit. Tetapi sebenarnya membangun blog itu sama seperti pekerjaan atau kegiatan-kegiatan lainnya yang di mana akan semakin mudah seiring berjalannya waktu. Anda bisa perlahan-lahan coba membangun sebuah blog yang di mana semakin lama akan terlihat mudah.
Cara membuat blog dengan blogger

Apa itu Monetisasi Blog?

Secara umum, monetisasi memiliki pengertian untuk mendapatkan penghasilan dari situs atau website yang Anda miliki. Misalnya Anda bisa mendapatkan penghasilan tersendiri dari konten yang berjalan online di blog atau website Anda.

Adapun untuk memulai mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda miliki bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Di antaranya dengan menggunakan model bisnis yang beroperasi secara online adalah:

  1. Iklan
  2. Langganan
  3. Penawaran produk berupa fisik maupun digital
  4. Pelatihan
  5. Marketing afiliasi

Bagaimana Cara untuk Monetisasi Blog?

Adapun cara untuk melakukan monetisasi blog bisa dilakukan dengan mudah oleh Anda asalkan tahu cara dan langkahnya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memonetisasi blog yang Anda kelola.

Menawarkan iklan di blog

Memiliki sebuah blog yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda. Karena dengan tingginya traffic pada blog Anda akan membuka peluang banyak perusahaan yang ingin memajang iklan mereka di blog Anda.

Anda bisa mendapatkan penghasilan tersendiri dengan melakukan cara monetisasi blog menawarkan laman blog Anda untuk memajang iklan yang mereka miliki.

Dapatkan penghasilan melalui rekomendasi produk

Jika Anda memiliki sebuah blog yang mengulas berbagai jenis konten secara menarik maka memasukkan link khusus rekomendasi produk yang berkaitan juga bisa menjadi pemasukan untuk Anda.

Ini adalah bentuk model bisnis online berbentuk marketing afiliasi yang dilakukan dengan menyertakan link pada konten di blog Anda pada produk atau layanan yang direkomendasikan untuk pengunjung blog.

Cara kerjanya adalah ketika pengunjung blog Anda tertarik untuk mengetahui produk lebih lanjut dengan cara melakukan klik pada tautan, membuka situs produk yang bersangkutan, yang dilanjutkan dengan membeli produk yang dipromosikan. Setelah itulah Anda akan mendapatkan komisi sebagai penghasilan Anda sebagai marketing afiliasi dalam proses monetisasi blog.

Biasanya jenis blog dengan jenis konten berupa artikel informasi, gaya hidup atau tutorial bisa menjadi model blog afiliasi yang memiliki pendapatan yang menjanjikan.

Jual produk untuk dapatkan penghasilan tambahan

Untuk mewujudkan rencananya dalam memonetisasi blognya, banyak blogger yang kemudian membuat toko online, bergabung dengan market place atau e-commerce untuk menjual produk yang diiklankan di blog mereka.

Produk yang dijual bisa dalam bentuk fisik maupun digital. Sesuaikan jenis produk yang Anda jual dengan isi konten pada blog Anda. Apapun jenis produknya, Anda tetap harus memikirkan tentang sistem pembayaran dan cara distribusi produk agar supaya sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Tawarkan keanggotaan berlangganan untuk dapatkan konten

Umumnya ini dimiliki oleh sebuah blog yang memiliki fokus pada sesuatu yang berharga seperti pendidikan misalnya. Pengguna internet yang tertarik mendapatkan produk blog bisa menjadi anggota terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi terbaru setiap waktunya.

Khusus untuk anggota, akan mendapatkan produk blog secara gratis sehingga mereka bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Monetisasi dengan tawaran pelatihan khusus

Jika Anda memiliki sebuah blog yang berfokus pada pelatihan tertentu maka hal itu juga bisa Anda manfaatkan untuk dapatkan penghasilan.

Sebelumnya tentukan terlebih dahulu fokus pelatihan yang Anda miliki. Kemudian tentukan paket pelatihan yang berisi siapa saja target peserta, biaya pelatihan, durasi waktu pelatihan dan materi pelatihan.

Untuk melancarkan monetisasi blog Anda melalui pelatihan ini Anda bisa membuat modul pengajaran mandiri berupa video atau ebook yang bisa diunduh setelah peserta pelatihan melakukan pendaftaran.

Apa Syarat Monetisasi Blog dengan Google Adsense?

Adapun syarat monetisasi blog yang harus dipenuhi saat Anda melakukan monetisasi pada blog ada beberapa. Berikut ulasan singkat untuk belajar dan cara daftar google adsense yang Kami bagikan untuk Anda.

  • Usia minimal blogger

Meski tak ada aturan khusus bahwa blogger harus orang yang sudah berusia 18 tahun, namun hal ini seakan sudah menjadi syarat yang tak tertulis. Mengapa? Karena jika pemilik blog adalah anak-anak atau belum dewasa maka tentu audiens tak bisa mempercayakan kebutuhan mereka pada pemilik blog.

Selain itu, hal ini juga berkaitan erat dengan proses pencairan penghasilan yang tentu membutuhkan akun khusus di sebuah bank.

  • Konten berkualitas

Pastikan konten yang Anda posting di blog adalah konten yang berkualitas dan bebas dari unsur SARA. Sebuah blog akan memiliki banyak pengunjung jika blog tersebut memiliki konten yang berkualitas dan bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

  • Memiliki traffic blog yang bagus

Untuk ukuran traffic blog yang bagus memang tak ada kriteria khusus. Namun menurut para blogger profesional, sebuah blog dikatakan memiliki traffic pengunjung yang bagus adalah jika memiliki jumlah pengunjung minimal 250 pengunjung unik setiap harinya.

  • Pastikan hanya ada 1 akun

Pihak Google Adsense biasanya menetapkan aturan dimana pengguna Adsense blog haruslah hanya memiliki satu akun saja. Jika Anda ingin memiliki lebih dari satu akun maka disarankan untuk meminjam identitas milik kerabat lainnya untuk menghindari pinalti akun dari pihak Google.

  • Usia blog atau website

Jika Anda baru saja membuat sebuah blog atau website, sebaiknya jangan terburu-buru untuk mendaftarkannya pada Google Adsense. Karena beberapa blogger profesional menyarankan untuk mendaftarkannya di usia blog sekitar 1 bulan atau 6 bulan lebih.

  • Perhatikan jumlah konten

Kemudian syarat berikutnya untuk bisa melakukan monetisasi pada blog adalah dengan memperhatikan jumlah konten yang sudah Anda upload. Tunda terlebih dahulu jika jumlahnya masih sedikit.

Pastikan untuk bisa meng-upload konten baru setiap harinya untuk membuat jumlah konten blog memenuhi syarat untuk melakukan monetisasi sesuai harapan Anda.

  • Buat laman khusus

Dalam hal ini adalah laman yang berisi tentang keterangan About, Contact dan Privacy Policy untuk blog yang Anda monetisasi. Laman ini berisi keterangan lengkap tentang identitas pemilik blog, nomor kontak yang bisa dihubungi serta ketentuan yang berlaku untuk pengunjung blog yang wajib dibuat oleh semua pengguna Google Adsense.

Itulah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui dalam hal monetisasi blog adalah dan menggunakan Google Adsense untuk memonetisasi blog yang Anda ketahui. Lakukan pendaftaran Adsense sesuai dengan langkah yang ditentukan oleh pihak Google.

Hal itu dilakukan agar supaya pengajuan untuk publisher Adsense yang Anda lakukan bisa diterima dan tak ditolak oleh pihak Google. Rutin cek email Anda untuk melihat apakah email penerimaan pengajuan Anda sudah dikirim atau belum ke email yang Anda gunakan.

Mengenal Pentingnya Proses Naikkan Traffic Blog

Sebuah blog yang belum memiliki traffic yang bagus tentu akan mengalami kesulitan untuk dilakukan monetisasi blog. Dan ternyata cukup banyak pemilik blog yang masih meremehkan tentang traffic atau page view yang dilakukan pengunjung internet di blog mereka.

Ada beberapa hal yang kerap kali menjadi masalah tersendiri untuk para blogger yang ada. Diantaranya adalah:

  1. Banyak blogger yang masih mengabaikan tentang pentingnya jumlah traffic atau page view yang ada di blog mereka
  2. Banyak blogger yang tak mengetahui tentang apa manfaat dari menaikkan traffic blog mereka
  3. Banyak blogger yang tak mengetahui bagaimana cara untuk menaikkan traffic blog dengan mudah dan cepat
  4. Beberapa blogger memiliki fokus berlebihan pada authority, namun sayangnya mereka abai pada proses optimasi blog

Menurut seorang blogger profesional, jika Anda sedang melakukan sebuah prosedur untuk memonetisasi sebuah blog maka sangat penting adanya untuk mengetahui apa saja dan bagaimana page view berkembang serta bisa menghasilkan uang yang lumayan.

4 Bagian Penting Dalam Traffic Pengunjung Blog

Informasi diambil dari Google Analitik, dimana setidaknya ada 4 bagian penting yang harus Anda ketahui tentang traffic pengunjung blog. Ada 4 bagian yang paling atas dari sumber traffic blog milik Anda yang berperan penting dalam hal monetisasi blog.

  • Organic Search

Menjadi salah satu sumber terbaik dari mesin pencari yang Anda gunakan. Organic Search bisa juga berarti sebuah penelusuran yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang unik dan lain daripada yang lain.

  • Direct

Adalah sebuah proses yang terjadi saat ada pengguna internet yang membuka aplikasi browser kemudian mengetik nama blog yang Anda kelola atau mengajukan diri setelah Anda memiliki branding tersendiri.

  • Social

Untuk bagian ini adalah bagian penting yang akan menunjukkan seberapa penting dan intens Anda untuk membagikan link pada media sosial

  • Kode referral

Kode ini umumnya dipakai oleh pengusaha yang memiliki kebutuhan tertentu dari pembagian kode referral. Kode referral ini bisa dipasang dengan menggunakan sistem backlink atau postingan dari tamu yang kemudian diupload di blog milik orang lain.

Nah selanjutnya Kita akan mengetahui mengapa untuk menaikkan blog menjadi alasan penting yang harus diperhatikan dalam melakukan monetisasi blog.

Alasan yang pertama adalah page view menjadi harapan paling besar untuk sebuah blog mendapatkan tawaran iklan. Semakin tinggi page view sebuah blog maka akan semakin tinggi pula harapan iklan yang menawar dengan harga fantastis untuk dipajang di laman blog Anda.

Alasan berikutnya adalah page view bisa menjadi sebuah tolok ukur yang menandakan blog tersebut berkualitas dan memiliki konten yang terjamin keorisinalitasnya.

Meningkatkan page view juga akan membantu blog Anda mendapatkan nilai harga yang sepadan. Banyak pemilik usaha yang tertarik untuk menawarkan kerja sama dengan sebuah blog yang memiliki page view tinggi.

Karena dengan adanya page view tinggi secara otomatis peluang ada banyak pengguna internet dan target pasar yang sesuai untuk mengetahui banyak hal melalui iklan yang dipajang.

Pelajari dan Lakukan Tips Monetisasi Blog Berikut

Kini saatnya untuk mempelajari apa saja tips untuk bisa melakukan monetisasi pada blog yang tengah Anda kelola. Berikut ini ada beberapa tips yang sudah Kami himpun untuk bisa membantu Anda meningkatkan page view sehingga traffic di blog Anda bisa meningkat tajam.

  • Tulis artikel yang bersahabat dan memiliki kriteria SEO friendly

Artikel yang SEO friendly artinya adalah jenis artikel yang bisa dengan mudah dicari oleh pengguna internet melalui mesin pencari. Dan untuk jenis artikel yang bersahabat, merupakan jenis artikel yang memiliki gaya bahasa pendekatan pada audiens dengan lebih akrab sehingga pembaca artikel pun lebih nyaman untuk menyimak artikel.

Baca juga artikel tentang menulis artikel SEO friendly dan menulis artikel blog.

  • Lakukan penelitian untuk kata kunci

Beberapa blogger sering melakukan penelitian khusus untuk mencari kata kunci yang tepat dan strategis untuk dimasukkan ke mesin penelusuran.

Dalam hal ini, beberapa blogger bisa menggunakan keahlian atau intuisi mereka dalam mengolah keyword. Namun jika Anda kesulitan untuk melakukannya, maka membuat kata kunci bisa dibantu dengan sebuah aplikasi atau software dari Google. Anda tinggal memasukkan tema artikel atau konten yang sedang Anda buat kemudian alat akan menunjukkan jenis kata kunci yang tepat dan strategis untuk Anda gunakan.

Baca juga artikel tentang keyword research.

  • Buat artikel dari tema yang sedang tren

Banyak sekali blogger yang melakukan hal ini. Karena hanya dengan menulis atau membuat konten dari isu yang tengah hangat di masyarakat akan membuat para pengunjung internet tertarik untuk masuk ke laman blog Anda.

Baca tentang tips menentukan niche dan topik blog.

  • Lakukan blogwalking

Ini dilakukan dengan cara mengunjungi laman blogger lainnya. Pastikan blog yang Anda kunjungi memiliki kesamaan tema atau jenis blog sehingga memiliki dampak untuk Anda.

Blogwalking efektif untuk meningkatkan traffic untuk tujuan monetisasi blog yang dilakukan dengan cara meninggalkan jejak kunjungan Anda di kolom komentar artikel atau konten.

Dengan begitu para pengunjung blog tersebut pun akan melihat nama blog Anda dan bisa langsung melakukan klik untuk berkunjung ke laman blog Anda.

  • Tinggalkan link building

Ada baiknya juga jika Anda meninggalkan jejak sekaligus link bulding untuk upaya mengenalkan blog dengan lebih dekat. Link building adalah sebuah link yang dibuat dengan merujuk pada kata kunci dimana nantinya akan menuntun pengunjung blog untuk melihat sebuah artikel atau konten tertentu dengan cara meng-klik link tersebut.

Usahakan untuk membuat link tersebut menuju pada artikel atau konten dari blog Anda yang dinilai memiliki kualitas terbaik sehingga mereka pun bisa menilainya meski hanya berkunjung sekilas.

  • Buat desain tampilan blog yang menarik

Anda juga bisa menarik perhatian pengunjung blog dengan cara membuat desain blog yang menarik, unik dan lain daripada yang lain.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain hanya dengan mengutamakan estetika dalam membuat desainnya. Yaitu Anda perlu memperhatikan kesesuaian antara desain dengan tema serta memiliki tombol navigasi yang mudah untuk diakses.

Dalam artian, tampilan blog Anda haruslah bisa lebih mudah dipahami dan diakses oleh pengunjung blog yang pastinya berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

  • Lakukan optimasi laman blog

Kemudian tips berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan optimasi laman blog atau situs. Pernahkah Anda berkunjung ke sebuah blog namun kecepatan loading lamannya sangat lambat?

Baca juga artikel tentang langkah optimasi on page SEO.

Apa yang Anda lakukan? Kebanyakan pengunjung internet akan langsung berpindah blog atau situs yang memiliki kecepatan loading lebih cepat. Begitupun Anda bukan?

Maka melakukan optimasi pada laman blog Anda menjadi satu hal penting yang harus Anda lakukan untuk membantu meningkatkan traffic blog Anda secara efektif dan cepat. Nah untuk bisa memantau perkembangan blog Anda bisa menggunakan beberapa alat bantu seperti Google Analytics dan Google Search Console. Kedua alat tersebut resmi dari Google yang bisa Anda pakai untuk memantau dan mengelola blog milik Anda dengan baik.

Demikian ulasan tentang syarat untuk monetisasi blog serta tips cara untuk mendaftar pada google adsense yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *