Pengertian Landing Page, Contoh dan Tips Membuatnya

Saat seseorang mengklik website di mesin pencari, maka akan ditampilkan landing page. Laman ini dibuat terpisah dari website dengan tujuan utamanya adalah promosi.

Penggunaan laman ini akan membuat promosi dapat dilakukan lebih masif, baik untuk produk maupun jasa. Lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya mengenai pengertian, unsur-unsur, karakteristik, contoh, dan tips membuatnya.

Pengertian Landing Page, Contoh, dan Tips Membuatnya untuk Mencapai Target Promosi

membuat landing page dengan wix
image from wix

Landing page merupakan laman khusus yang dibuat untuk target marketing atau pemasaran. Laman ini akan muncul saat pengguna mengklik iklan online, promosi pemasaran, atau email pemasaran pada tampilan halaman mesin pencari.

Laman ini menjadi halaman pertama yang muncul dari email marketing, iklan media sosial, iklan ppc, dan lain sebagainya. Namun laman ini bukan halaman utama dari sebuah website atau homepage.

Tujuan utama dari pembuatan laman ini adalah untuk meningkatkan penjualan atau mengumpulkan lead.  Melalui promosi atau informasi yang persuasif dari laman ini, pengunjung akan tertarik untuk melakukan interaksi atau transaksi.

Tampilannya biasanya dibuat sesuai dengan warna, logo, atau ciri khas lainnya dari perusahaan. Tampilannya pun dibuat menarik dengan informasi yang jelas dan mudah dimengerti.

Salah satu website tempat anda dapat membuat landing page secara cepat dan mudah adalah wix.com.

Unsur-unsur

contoh landing page from lyft
image from lyft

Seperti pada gambar di atas, landing page seringkali memiliki tampilan minimalis tetapi dapat menarik perhatian pengunjung. Pada gambar terlihat tawaran menarik yang bisa didapatkan bila mendaftar.

Lebih jelasnya, pahami unsur-unsur yang ada dalam laman ini. Beberapa unsur yang terdapat dalam sebuah landing page antara lain adalah sebagai berikut.

Naskah

Laman ini memuat naskah atau informasi yang sesuai dengan pemasaran. Melalui informasi tersebut, perusahaan atau pemilik website dapat menyampaikan pesan ke pengunjung. Selain itu juga untuk meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari.

Namun berbeda dengan yang ada di homepage atau halaman lain di website. Penulisan naskah di laman ini sebaiknya tidak terlalu panjang. Naskah ditulis dengan lebih singkat dan persuasif untuk pengunjung agar tujuan marketing dapat tercapai.

Pada laman yang profesional, naskah dibuat dengan memuat informasi yang jelas dan juga tertata. Informasinya tidak terlalu panjang, tetapi memuat poin penting yang membantu pengunjung memahami atau mengenal produk yang ditawarkan.

Visual

Jika laman ini hanya berisi naskah, maka akan terlihat kurang menarik. Oleh sebab itu, diperlukan visual yang bagus untuk membantu mencapai target dari pembuatan laman ini.  Visual yang menarik berguna untuk menggaet calon konsumen.

Adanya visual yang bagus dan sesuai juga berguna untuk memperjelas informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Beberapa jenis informasi biasanya akan lebih mudah dipahami melalui ilustrasi atau gambar.

Namun unsur visual pada laman ini tidak hanya ilustrasi, tetapi juga bisa berupa visual lain seperti GIF animasi, video, grafik, komik, foto, maps, tipografi, screenshot, dan masih banyak lagi.

SEO

Optimasi mesin telusur dapat membantu meningkatkan peringkat laman ini di mesin pencari. Peringkat laman yang tinggi di mesin pencari, maka akan lebih mudah untuk dilihat atau mendapatkan pengunjung.

Pengoptimalan dapat dilakukan dengan memilih keyword atau kata kunci yang tepat, tag judul, melampirkan url di tempat yang strategis, dan lain sebagainya. 

CTA

Call to Action atau CTA merupakan tool yang dibuat untuk pengunjung dapat memberi tanggapan langsung dari informasi yang ada di laman. Aktivitas pengunjung dengan CTA tersebut akan menghasilkan konversi sesuai tujuan promosi.

Tool ini paling umum ditampilkan dalam bentuk tombol yang dapat diklik oleh pengunjung. Selain itu, bisa juga berupa formulir web untuk merekam data atau informasi dari pengunjung.

Contoh CTA yang bisa digunakan untuk laman ini antara lain “Masukan ke Keranjang”,  “Shop Now”, “Lihat Review”, “Unduh Ebook Gratis”, “Klaim Tawaran”, “Konsultasi Segera”, dan masih banyak lagi.

Penempatan CTA sebaiknya di posisi yang tepat, jangan membuat pengunjung harus scrolling terlebih dahulu. Buat tulisan yang jelas dan warna yang kontras agar lebih mudah dilihat pengunjung.

Karakteristik

Perlu diketahui bahwa landing page ini berbeda dengan homepage pada suatu website. Karakteristik laman ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Desain laman yang dibuat lebih spesifik.
  • Bertujuan untuk memfokuskan dan mengajak pengguna untuk melakukan transaksi.
  • Fungsinya lebih detail seperti laman presell, laman produk, laman penawaran, dan lain-lain.
  • Memiliki tool Call To Action seperti Beli Produk, Newsletter, Formulir, dan lain sebagainya.
  • Cara Kerja landing page yang berbeda.

Pemilik usaha atau toko online  sebaiknya memanfaatkan landing page pada website pemasarannya. Laman ini akan membantu meningkatkan sales atau penjualan dengan cara kerjanya seperti berikut.

Memasukkan informasi produk atau jasa

Pada laman ini, pemilik website atau usaha dapat memasukkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Penulisannya tentu lebih ringkas dan harus lebih persuasif dibandingkan yang ada di homepage atau halaman website lainnya.

Tampilan yang bagus dan teks yang informatif akan membantu optimasi laman ini. Jadi pengunjung akan tertarik untuk membaca informasi tersebut, mengisi formulir, dan melakukan transaksi.

Konsumen melakukan transaksi

Setelah membaca informasi dari laman ini, nantinya konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan dapat melakukan transaksi. Konsumen dapat mengikuti arahan seperti scroll atau klik tombol tertentu.

Klik CTA

Tombol CTA yang diklik oleh konsumen akan mengarahkan ke halaman produk atau halaman lain untuk proses order. Tombol tersebut berisi link ke suatu halaman penting dari website yang berkaitan dengan transaksi produk.

Jenis

Jenis-jenis landing page secara umum terbagi menjadi dua yaitu Click Through dan Lead Generation.

Click Through

Jenis laman ini paling sering digunakan untuk website marketplace atau toko online. Pada halaman tersebut biasanya menampilkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain informasi produk, jenis laman ini juga dilengkapi dengan CTA atau Call to Action. CTA berupa tombol seperti “Pilih Sekarang”, “Shop Now”, “Beli Sekarang”, dan lain-lain.

Lead Generation

Sedikit berbeda dengan jenis laman ini dengan tujuan khusus. Fungsi Lead Generation Landing Page adalah untuk mendapatkan data-data calon konsumen. Biasanya saat masuk ke laman, pengguna menemukan form untuk diisi.

Data yang ada pada form biasanya nama dan alamat email. Data tersebut akan menjadi bagian email marketing dari perusahaan. Biasanya pemilik perusahaan akan mengirimkan informasi produk atau diskon ke email-email tersebut.

Jadi untuk jenis laman ini memang didesain khusus untuk bisa mendapatkan lead perusahaan. Biasanya perusahaan mencantumkan formulir untuk diisi agar pengunjung bisa mendaftar newsletter, mendapatkan promo, hadiah, dan lain sebagainya.

Contoh

Secara umum landing page dapat digunakan untuk beragam keperluan. Berikut adalah beberapa contoh laman dengan tujuannya masing-masing.

Laman untuk PPC Campaign

Terdapat laman yang khusus dibuat untuk tujuan PPC Campaign. Jadi, laman tersebut dapat berisi informasi mengenai campaign. Memungkinkan juga memiliki CTA untuk keperluan newsletter atau lainnya.

Contoh laman seperti ini sering digunakan juga pada website atau perusahaan yang menawarkan produk jasa. Campaign yang sedang atau akan dilaksanakan ditampilkan dalam laman tersebut secara singkat, jelas, dan lebih menarik.

Laman untuk Preorder

Beberapa perusahaan besar yang sudah memiliki target pasar yang jelas sering menggunakan strategi preorder. Laman preorder menjadi salah satu contoh landing page yang banyak digunakan untuk menampilkan produk sebelum masuk ke pasar.

Laman seperti ini dibuat khusus untuk memudahkan promosi sebelum masa penjualan. Jadi, calon konsumen sudah bisa melihat detail produk preorder. CTA yang biasa digunakan adalah seperti tombol “Lihat Produk”.

Laman untuk email

Laman untuk mendapatkan email akan membantu perusahaan mendapatkan lead atau data-data dari konsumen potensial. Pengunjung yang tertarik dengan informasi yang ada pada laman ini biasanya akan secara sukarela memasukkan data email pribadi.

Setelah mendapatkan email pengunjung, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk promosi secara langsung dengan email marketing tersebut. Strategi ini cukup efektif untuk mendapatkan konsumen potensial untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Kelebihan untuk pemasaran dan bisnis

Selain pengunjung yang banyak, laman ini dapat membantu peningkatan penjualan pada toko online. Kelebihan menggunakan laman ini antara lain adalah sebagai berikut.

Efisien dan Efektif

Teknik marketing yang tepat dengan menggunakan laman yang terintegrasi ini akan membantu mencapai target promosi dan penjualan. Penggunaan landing page cukup efektif dan efisien untuk pemilik usaha atau toko online.

Laman ini dapat membantu mendapatkan calon konsumen yang potensial. Selain itu, juga untuk meningkatkan branding dari usaha dengan lebih banyak konsumen yang mengetahuinya.

Lebih hemat

Bagi para pelaku usaha, baik yang baru merintis atau yang sudah besar pastinya tetap membutuhkan promosi. Biaya untuk promosi cukup beragam, dari yang murah hingga yang mahal.

Pemilik usaha seperti para UKM dapat memanfaatkan strategi promosi dengan laman seperti ini. Lebih hemat karena budget yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Promosi pun lebih efektif untuk mendapatkan menjaring konsumen dari internet.

Anda bahkan bisa dengan cepat membuat landing page dengan menggunakan situs seperti wix.com.

Mendapatkan lead

Perusahaan membutuhkan leads untuk market atau pasar mereka. Melalui laman ini, perusahaan dapat menghasilkan lead yang memang tertarik dengan produk atau jasa dari perusahaan.

Selain mendapatkan informasi pengunjung, perusahaan bisa mendapatkan informasi yang lebih detail seperti nama dan alamat email. Pengunjung yang mengklik laman dan tertarik memiliki potensi untuk mengisi data dirinya secara sukarela.

Tips Membuat

Laman yang dikhususkan untuk tujuan marketing ini memang perlu dibuat sebaik mungkin untuk menarik konsumen. Ada beberapa tips membuat landing page agar lebih menarik dan efektif untuk promosi.

Desain Visual sesuai Identitas Perusahaan

Laman ini perlu memasukkan bagian-bagian branding dari perusahaan itu sendiri. Elemen seperti warna, logo, slogan, dan tipografi harus ditampilkan dengan jelas dan kuat.

Headline yang singkat dan jelas

Headline merupakan salah satu poin penting yang perlu diperhatikan. Buatlah headline dengan font tebal dan judul yang tidak terlalu panjang. Judul yang singkat atau kurang dari 20 kata agar tidak membuat pengunjung malas untuk membacanya.

Jika perlu, tambahkan juga dengan subheadline tepat di bawah headline. Subheadline ini berisi tentang deskripsi yang lebih spesifik, namun tetap ditulis secara singkat dan jelas.

Gambar yang tepat dan menarik

Jika laman ini hanya diisi dengan tulisan, akan terlihat membosankan dan kurang menarik. Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan gambar yang sesuai dengan tujuan marketing atau website Anda.

Ilustrasi yang sederhana namun unik akan membantu membuat laman ini terlihat lebih menarik. Namun jangan lupa untuk menggunakan gambar yang tidak membebani proses loading. Jika proses load terlalu lama, pengguna bisa saja meninggalkan website.

Visual yang menarik memang penting, tetapi jangan lupa dengan user interface dan user experience. Pengguna akan lebih senang untuk membuka laman yang cepat aksesnya. Tampilan laman ini juga sebaiknya dibuat lebih mobile friendly.

Memiliki CTA yang jelas

CTA atau Call to Action merupakan tool dalam laman yang dirancang untuk pengunjung bisa memberikan tanggapan, apa yang ingin dilakukan atau dicari di website tersebut. CTA sebaiknya dibuat dengan warna yang kontras agar lebih jelas.

Tool ini dapat dibuat dengan desain tombol yang mengarahkan ke halaman-halaman penting. Pada website untuk marketing, CTA yang paling sering dijumpai adalah tombol Belanja Sekarang atau Shop Now.

Beberapa CTA yang bisa ditambahkan lainnya adalah, Hubungi Kami, Review, Lihat Produk, dan lain sebagainya. Desain CTA ini sebaiknya dibuat dengan menarik dan lebih persuasif.

Cara Optimasi

Optimasi perlu dilakukan agar landing page yang ada dapat bekerja secara optimal sesuai tujuan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk optimasi laman ini adalah sebagai berikut.

Loading yang cepat

Sebagian besar pengguna sepertinya tidak suka membuang-buang waktu untuk menunggu waktu akses atau loading suatu website. Jadi penting untuk membuat laman yang responsif dengan load yang lebih cepat.

Desain dan tool yang digunakan di laman ini sebaiknya diperhatikan dengan benar agar tidak membebani halaman. Kecepatan loading website tetap harus diperhatikan, jangan hanya fokus pada tampilan visual apalagi tools yang terlalu banyak. 

Desain mobile friendly

Laman yang responsif biasanya memiliki pengunjung yang banyak. Namun lebih banyak lagi pengunjungnya di laman yang mobile friendly. Oleh sebab itu, penting untuk membuat laman ini lebih mobile friendly.

Pengguna yang lebih banyak menggunakan perangkat mobile menjadi alasan pentingnya untuk mendesain laman yang mobile friendly. Laman mudah diakses di handphone atau perangkat mobile, tanpa mengganggu desain tampilan dan tools yang ada di dalamnya.

Menggunakan tools khusus untuk optimasi

Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan laman ini. Salah satunya adalah dengan Google Search Console. Pemilik website dapat melakukan optimasi keyword, mobile friendly test, dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah menggunakan Google Analytics. Tools ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui demografis pengunjung. Hal tersebut merupakan hal penting untuk membantu meningkatkan strategi promosi atau marketing.

Tools optimasi menjadi bagian penting untuk cara membuat landing page yang efektif. Tools seperti OptinMonster untuk membantu mendapatkan pengunjung atau customer. Tools ini mudah digunakan dengan tampilan yang bagus dan desain yang dinamis.

Berikutnya adalah Mailchimp yang juga dikenal sebagai salah satu tools untuk optimasi, terutama website media atau newsletter. Pengunjung dapat melakukan input data yang berguna seperti mendapatkan email calon konsumen.

Tools lain yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi laman ini adalah WPForms. Dapat dibuat dengan lebih banyak page untuk mendapatkan lebih banyak informasi penting dari calon konsumen.

Penutup

Itulah beberapa informasi penting mengenai landing page pada sebuah website. Pada intinya, laman ini berfungsi untuk tujuan pemasaran. Desain dan tools yang digunakan menjadi bagian penting untuk meningkatkan konversi dari laman ini.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *