Optimasi SEO Off Page

Setelah belajar tentang dasar optimasi SEO dan SEO on page, pastinya sudah mengetahui kira-kira apakah itu SEO dan tujuan melakukan optimasi untuk website, langkah selanjutnya adalah belajar tentang off page SEO yang dapat anda lihat di bawah ini.

optimasi website SEO off page
image from freepik

Apa itu SEO off page dan tujuannya

SEO off page memiliki tujuan yang sama dengan on page yaitu mendongkrak ranking website di search engine, meskipun cara mengaplikasikannya berbeda.

Kalau SEO on page adalah optimasi dari dalam, off page adalah optimasi dari luar website.

Anggaplah seperti ini, SEO on page adalah cara anda berdandan / berpakaian, cara anda mempresentasikan diri anda kepada orang lain. Sedangkan off page SEO misalnya teman yang mereferensikan anda ke atasannya ketika melamar kerja, hal ini akan membuat sang atasan lebih melirik anda ketimbang pelamar yang lain.

Dasar optimasi off page

SEO off page melibatkan link building / membangun link yang mengarah kepada website anda, atau lebih akrab dengan sebutan backlink.

Apa itu backlink? Singkatnya adalah link yang menuju ke site anda. Di bawah ini adalah contoh backlink dari blog ini menuju youtube dan google. Dengan kata lain youtube dan google mendapat backlink dari blog ini.

Off page SEO boleh dianggap sebagai referensi, makin banyak orang yang mereferensikan anda maka anda akan lebih dikenal oleh makin banyak orang juga. Website yang mendapat referensi dari banyak website juga akan semakin dikenal oleh google search engine dan makin mudah mendapat rank tinggi.

Jadi pada dasarnya untuk optimasi SEO off page adalah membangun koneksi / backlink sebanyak mungkin.

Faktor penting SEO off page

Seperti on page, off page juga memiliki beberapa faktor yang harus anda perhatikan dalam penerapannya. Jadi anda tidak bisa begitu saja sembarangan menitipkan URL di semua website yang anda temui. Beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan bila mau menerapkan strategi off page.

Black hat SEO

Apa itu black hat SEO? Intinya di konteks ini adalah membangun backlink untuk situs anda dengan sengaja, sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan. Google tidak menyukai praktek black hat ini dan akan memberikan pinalti bagi yang ketahuan melakukan black hat SEO secara berlebihan.

Praktek black hat meliputi pembelian backlink dari orang lain dan membangun link menggunakan blog network pribadi.

Pinalti macam apa? Yang paling parah adalah situs anda tidak akan terdaftar di search engine walaupun mencari sampai page 100. Ketahuilah beberapa alasan yang dapat membuat website terkena pinalti dari google sebelum anda memutuskan untuk melakukan praktek black hat.

Seram sekali ya? Jadi kalau belum yakin sebaiknya jangan membangun backlink terlebih dahulu, tunggu sampai situs anda lebih berumur sembari anda mencari pengalaman dan ilmu lebih dalam. Ingatlah kalau SEO bukan ilmu instan.

Kualitas backlink

Bukan hanya konten on page saja yang harus berkualitas, jika mau membangun backlink lebih baik mencari yang berkualitas.

Seperti diumpamakan sebelumnya, semakin banyak orang yang membicarakan anda, maka anda akan lebih dikenal oleh banyak orang. Tetapi kalau anda dibicarakan oleh orang penting atau orang yang dikenal oleh banyak orang tentu pengaruhnya akan lebih hebat lagi.

Berlaku juga sama pada off page SEO, bila website anda mendapat backlink dari website besar seperti bloomberg, forbes, wikipedia, tentu google akan menilai website anda memiliki sesuatu yang bagus kalau website-website besar ini mau mereferensikan.

Apakah itu saja? Tentu belum, selain backlink dari website besar, kontennya juga harus berhubungan dengan website anda.

Sebut saja website / blog anda membahas tentang olahraga, tentu kalau mendapat backlink dari website macam fifa yang juga membahas olahraga akan sangat waw. Bagaimana kalau misalnya backlink dari website komputer? Tidak nyambung yah, tetapi hal ini bukan sesuatu yang benar-benar buruk, apalagi kalau backlink dari website macam microsoft, walaupun tidak kontekstual tetaplah sebuah backlink yang bagus.

Tetapi berhati-hatilah karena ini bisa saja merupakan sebuah flag besar yang dapat mentrigger pengecekan manual oleh google. Apalagi kalau anda sering sekali mendapat backlink dari website non kontekstual.

Pengecekan manual / manual action oleh google sangatlah ditakuti bagi semua orang yang membangun backlink dengan sengaja. Bahkan yang tidak melakukan praktek black hat tidak akan mau mengalami pengecekan manual oleh google.

Kesimpulannya backlink yang berkualitas adalah backlink dari website baik dengan topik berhubungan dan pastinya URL anda terletak pada bahasan konten yang berhubungan juga.

Kuantitas backlink

Walaupun disebutkan di atas kalau semakin banyak backlink akan semakin baik, tetap ada hal penting mengenai seberapa banyak / sering melakukan link building.

Backlink yang bertambah secara berlebihan / tidak natural akan mendapat flag dari google. Website yang mendapat flag ini bisa mendapat pengecekan manual oleh google. Flag ini bisa berujung ke pinalti yang pastinya harus anda hindari sebisa mungkin.

Karena itu bila mau membangun backlink, lakukanlah dengan hati-hati misalnya 1 backlink sehari.

Tidak dapat mengontrol backlink sepenuhnya

Anda pastinya tidak bisa mengontrol penyebaran link website anda. Apalagi pengunjung / pembaca artikel yang membagikan link kepada temannya. Jadi walaupun anda sudah berhati-hati dan selalu memilih website berkualitas untuk backlink anda, bisa saja tiba-tiba anda mendapat backlink dari website misalnya forum yang anda tidak ketahui dan lagi topiknya jauh berbeda.

Apa ini hal yang sangat buruk? Tidak selalu, karena ini boleh disebut sebagai penyebaran link yang natural, alias bukan link yang dengan sengaja anda bangun untuk meningkatkan rank google. Walaupun bukan hal yang buruk anda tetap mau membuang backlink yang tidak bagus dengan memanfaatkan fitur disavow dari google search console.

Bukan maksud untuk menakut-nakuti, tetapi website anda seharusnya tidak akan mendapat referensi dari tempat yang tidak ada hubungannya juga. Jadi website / blog olahraga seharusnya akan mendapat share oleh pengunjung di forum olahraga juga. Justru tipe penyebaran link secara natural macam inilah yang paling baik.

Keseimbangan antara on page dan off page

Backlink yang baik tetapi website yang berantakan tidak akan membuat pengunjung betah. Bagaimana kalau teman anda berbicara bagus tentang anda kepada temannya yang lain, tetapi penampilan atau sikap sifat anda ternyata jauh dengan yang teman anda bicarakan, tentunya akan memalukan.

Oleh karena itu perlu memikirkan dengan serius apakah on page website sudah siap untuk mendapatkan banyak visitor. Karena seperti yang sudah ada pada penjelasan sebelumnya, yang terpenting adalah visitor yang datang pada website anda.

Off page bukan untuk pemula

Kalau anda baru mulai belajar, sebaiknya jangan langsung membangun backlink, fokuslah kepada on page terlebih dulu. Jangan sampai website anda yang berharga mendapat pinalti dari google, akan sangat sulit bahkan mustahil untuk mendapatkan kepercayaan google kembali.

Kelola dulu websitite / blog anda selama beberapa bulan, dengan fokus pada konten / on page terlebih dahulu. Setelah beberapa bulan pastinya anda sudah lebih percaya diri dan yakin pada konten dan tampilan website anda, maka anda bisa mulai membangun backlink.

Hati-hatilah dalam membangun backlink untuk website anda, perhatikan poin-poin penting di atas kembali.

Penutup

Baik on page ataupun off page, keduanya sama-sama penting dan tidak dapat anda abaikan. Website yang memiliki on page dan off page yang baik akan jauh lebih mudah untuk mendapat rank search engine yang tinggi. Karena walaupun backlink sebuah situs sangat baik, tetapi kalau visitor website kabur semua, tetap saja rank website tersebut akan buruk jadinya.

Pada akhirnya anda harus bersabar ketika mengoptimalkan website anda. Sekali lagi harus anda ingat kalau SEO bukanlah ilmu instan.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *