Optimasi SEO untuk Gambar

Gambar atau image sekarang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam konten website, satu website atau blog bahkan bisa memiliki ribuan file gambar.

Tetapi bagaimanakah agar mesin pencari google dapat menampilkan gambar-gambar anda ketika pengguna search engine melakukan penelusuran?

plugin kompres optimasi seo gambar untuk wordpress terbaik
image from freepik

Mesin pencari google sudah semakin canggih hingga akan dapat menampilkan gambar yang telah anda upload pada website anda untuk dapat ditemukan oleh pengguna search engine.

Tetapi tentunya akan dibutuhkan beberapa langkah yang harus anda perhatikan agar gambar-gambar anda semakin mudah ditempatkan setinggi mungkin pada search engine. Mari disimak di bawah ini tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO untuk gambar.

Hal-hal yang dapat anda perhatikan untuk mengoptimalkan SEO gambar

Nama file gambar

Yang paling mendasar tentunya adalah nama file pada gambar yang akan anda upload. Mesin pencari google akan dapat membaca nama gambar anda untuk ditampilkan ketika dicari oleh pengguna search engine.

image search google engine
image from google image search

Seperti pada gambar di atas, saya melakukan penelusuran gambar untuk aktris Alexandra Daddario. Dan kalau anda lihat beberapa gambar yang tampil akan mencantumkan Alexandra Daddario pada nama filenya.

Tetapi mungkin kalau anda lihat-lihat akan muncul beberapa gambar yang memiliki nama aneh atau asal-asalan, seperti hW_ZFLHx1o.jpg atau b95c3372-4884-4813-89ad-1bc99bb.jpg tetapi gambar-gambar tersebut tetap menempati posisi atas di search engine, mengapa bisa demikian?

Kalau anda lihat-lihat lagi, gambar-gambar dengan nama asal-asalan tersebut kalau dibuka akan terhubung ke page seperti official twitter atau instagram resmi milik aktris bersangkutan, atau artikel berita yang membahas tentang aktris tersebut.

pencarian image alexandra daddario
image from google image search

Dari sini bisa anda ketahui kalau google tidak hanya membaca nama file gambar saja, tetapi juga dapat membaca konten teks pada page yang mencantumkan gambar terkait. Atau karena page tersebut sudah menempati posisi tinggi pada search engine jadinya sangatlah wajar kalau gambar pada page bersangkutan menempati posisi yang tinggi juga.

Walaupun begitu bukan berarti anda boleh mengabaikan nama file gambar yang anda upload. Agar gambar-gambar yang telah diupload pada website anda dapat lebih mudah tampil setinggi mungkin pada penelusuran, penting untuk anda memperhatikan optimasi SEO gambar anda.

optimasi gambar untuk seo konten

Format file gambar

Secara umum format yang akan digunakan adalah jpg. Terkadang ada yang menggunakan format png. Perlu anda ketahui kalau beberapa format memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi, tetapi tentunya ukuran yang lebih besar juga.

Untuk gambar yang memiliki transparansi perlu untuk menggunakan format png, tetapi biasanya format ini berukuran lebih besar. Untuk gambar bergerak atau beranimasi perlu menggunakan format gif, ukurannya biasanya tidak besar.

Sekarang ini juga sudah banyak situs yang menggunakan gambar dengan format webp. Gambar dengan kualitas tinggi dengan ukuran file yang kecil.

Ukuran file gambar

Kecepatan loading sebuah page akan mempengaruhi SEO page tersebut, semakin cepat loading speednya maka akan lebih mudah page atau website menduduki peringkat tinggi pada search engine.

Oleh karena itulah penting sekali untuk menggunakan gambar dengan ukuran file sekecil mungkin, tetapi pastinya gambar tersebut harus jelas untuk dilihat.

Bila anda menggunakan wordpress, pastinya anda dapat menggunakan berbagai plugin untuk membantu optimasi SEO pada gambar anda.

Kualitas gambar

Para pengguna search engine yang mencari gambar tentunya akan lebih tertarik pada gambar yang berkualitas. Tetapi sayangnya hal ini akan berseberangan dengan poin sebelumnya, secara gambar yang berkualitas tinggi akan memiliki ukuran file yang besar juga.

Anda dapat menggunakan format file webp yang memiliki kualitas tinggi dengan ukuran file yang rendah. Pada plugin-plugin wordpress ada beberapa yang dapat mengconvert gambar yang anda upload menjadi format webp. Atau anda juga bisa menggunakan situs-situs konversi gambar gratis.

Kalau misalnya situs atau blog anda terfokus pada konten seperti galeri-galeri gambar yang pastinya akan membutuhkan gambar dengan kualitas sebaik mungkin. Anda dapat membuat gambar ada menjadi versi thumbnail berukuran kecil yang baru akan menampilkan page gambar tersendiri tersebut ketika diklik oleh visitor. Dengan begini page utama anda akan tetap enteng dan visitor yang ingin melihat sebuah gambar yang berkualitas dapat dengan sendirinya memilih gambar yang mereka inginkan.

Alt text dan description

Selain nama file, akan lebih baik bisa anda menambahkan alt text dan deskripsi gambar yang relevan. Bila anda pengguna wordpress, ketika mengupload sebuah gambar anda akan dapat mengisi informasi-informasi tersebut pada barisan kolom di sebelah kanan ini.

image meta seo optimasi gambar konten artikel

Pada alt text, caption, dan deskripsi dapat anda masukkan info lengkap tentang gambar, misalnya seperti “seekor anjing dengan warna bulu hitam sedang duduk di depan rumah”.

Pada title dapat anda masukkan info singkat saja, misalnya “anjing berbulu hitam”.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah jangan menggunakan keyword pada setiap title, alt text ataupun deskripsi. Bila dipaksakan hal tersebut justru dapat merusak SEO gambar ataupun page anda artikel anda. Dengan menggunakan judul dan alt text yang tepat akan dapat membantu optimasi SEO untuk gambar.

Lazy loading

Beberapa plugin wordpress akan memiliki fitur lazy loading yang di mana akan membantu untuk meningkatkan loading speed page.

lazu loading plugin wordpress untuk optimasi seo gambar

Tetapi apa sih sebetulnya lazy loading tersebut? Lazy loading akan membuat sebuah gambar tidak langsung ditampilkan, gambar tersebut baru akan mulai ditampilkan ketika visitor melakukan scroll ke bawah dan tiba di bagian gambar tersebut ditempatkan.

Menggunakan content delivery network

CDN atau content delivery network adalah website seperti imgurl, tempat anda dapat mengupload gambar-gambar dan anda tinggal mencantumkan link gambar tersebut pada page anda untuk menampilkan gambarnya.

Dengan menggunakan CDN anda juga dapat menghemat disk space pada hosting anda.

7 Plugin wordpress untuk optimasi gambar terbaik

Untuk on page SEO pun gambar juga sudah menjadi hal yang dibutuhkan. Tetapi untuk membuat sebuah page atau konten SEO friendly dibutuhkan kecepatan loading yang cepat, oleh karena itu gambar yang digunakan pada sebuah konten harus memiliki ukuran file sekecil mungkin.

Ukuran file gambar yang besar akan membuat loading speed page bertambah yang dapat berdampak pada SEO on page anda, terlebih bila dalam sebuah page memuat puluhan gambar.

Untuk mengupload gambar dengan file ukuran kecil, anda bisa saja mengeditnya sendiri dengan menggunakan aplikasi seperti photoshop atau paint. Tetapi bila anda menggunakan wordpress, sudah tersedia beberapa plugin untuk optimasi gambar yang akan langsung mengkompress ukuran file gambar begitu diupload.

Smush

plugin smush untuk optimasi gambar wordpress seo
image by smush plugin

Plugin Smush adalah yang saya gunakan untuk blog ini. Smush akan langsung mengkompres image yang anda upload untuk artikel.

Smush juga akan langsung mengkompres image yang telah anda upload sebelumnya ketika menginstal plugin ini untuk pertama kalinya, plugin ini dapat mengkompres hingga 50 gambar dalam sekali kerja.

Smush memiliki fitur lazy-loading, yang di mana akan mengubah file anda ke format webp untuk membuat ukuran gambar anda menjadi lebih kecil lagi dan fitur untuk membuat metadata dari file gambar.

Anda dapat menggunakan plugin ini secara gratis, perbedaan utamanya dengan versi premium adalah anda hanya dapat mengkompres gambar dengan file maksimum 5 mb. Bila anda sering menggunakan file dengan ukuran lebih dari 5 mb mungkin anda mau pertimbangkan versi premium yang dimulai hingga 6$ per bulan.

WP Smush adalah salah satu plugin dengan user interface terbaik di antara plugin untuk mengkompres gambar lainnya.

reSmush.it

plugin wordpress untuk kompres file gambar

Plugin reSmush.it juga merupakan plugin yang mudah digunakan. Sama seperti plugin WP Smush, reSmush.it akan langsung mengkompres gambar yang sudah ada pada sebelumnya ketika anda instal plugin ini pertama kali.

Pada setting plugin ini anda bisa mengatur untuk mendapatkan log file penggunaan, statistik, dan pilihan untuk mengkompres gambar secara otomatis ketika diupload. Anda juga dapat memilih untuk menyimpan atau membuang metadata dari file gambar.

Dan sama seperti plugin sebelumnya, versi gratis plugin ini hanya mengijinkan anda mengkompres maksimal hingga 5 mb.

ShortPixel image optimizer

shortpixel image optimizer
image by shortpixel

Plugin optimasi gambar satu ini dapat mengoptimasi gambar dan juga file PDF. Salah satu fitur unik dari plugin satu ini adalah pilihan kompresi antara lossy, lossless, dan glossy.

Anda juga dapat memilih opsi untuk menyimpan backup dari file original gambar yang belum dikompres dan membuang metadata dari file gambar.

ShortPixel juga memiliki versi gratis dan premium, perbedaannya hanya ada pada pembatasan maksimal 100 gambar per bulan untuk versi gratisnya.

Untuk menggunakan plugin ShortPixel anda harus menggunakan email anda untuk mendapatkan API key untuk melakukan aktivasi.

Kalau anda tidak sering menggunakan gambar pada website atau blog, atau mungkin hanya pengguna terbatas di bawah 100 gambar per bulan, plugin satu ini bisa menjadi pilihan utama.

EWWW image optimizer

image optimizer plugin for wordpress
image by ewww image

EWWW image optimizer adalah salah satu plugin kompres image terkuat yang ada. Plugin ini akan mengoptimalkan gambar-gambar yang anda upload secara otomatis dan anda juga dapat melakukan bulk optimize file gambar-gambar yang sudah ada pada galeri media wordpress anda.

Plugin juga dapat secara otomatis mengatur dimensi gambar ketika diupload. Plugin ini memiliki fitur remove metadata dan lazy-loading yang akan membuat gambar menjadi format webp untuk membuat file size menjadi lebih kecil lagi.

Versi gratis dari plugin ini akan mengkompres gambar pada server situs anda sendiri yang di mana versi premium akan menyediakan server cloud service yang tidak akan menambah beban server hosting.

Bila anda secara rutin mengupload gambar yang banyak tiap harinya atau menggunakan jasa hosting yang sharing, mungkin anda mau mempertimbangkan versi premium yang dimulai dari harga 7$ per bulannya.

Robin image optimizer

image optimizer plugin untuk gambar wordpress
image by robin image optimizer

Plugin yang satu ini akan mengoptimalkan file gambar anda menggunakan server dari luar. Sama seperti plugin-plugin sebelumnya, robin image optimizer akan secara otomatis mengkompres file gambar anda ketika diupload dan dapat mengkompres file-file gambar pada media galeri wordpress anda.

Keunikan dari plugin ini adalah anda dapat memilih versi gratis yang mau anda gunakan. Versi pertama adalah limit dari gambar yang dikompres sebesar 5 MB atau versi kedua yang memberi limit maksimal 300  file per bulannya.

Plugin ini memiliki opsi kompresi lossless, lossy, high dan pilihan custom. Robin image optimizer juga dapat menyimpan backup dari gambar original sebelum dikompres dan membuang metadata dari file gambar.

Compress JPEG & PNG images

plugin kompres gambar wordpress
image by compress jpeg & png

Satu lagi plugin untuk mengkompres gambar pada wordpress. Plugin ini akan mengkompres gambar anda dengan kualitas lossy pada opsi defaultnya. Plugin ini akan meresize dan mengkompres file gambar anda secara otomatis.

Untuk menggunakan plugin ini anda membutuhkan API key yang dapat didapatkan dengan melakukan registrasi akun gratis pada https://tinify.com/dashboard/api. Versi gratis dari plugin ini membatasi anda untuk mengkompres gambar sebanyak 500 per bulannya.

Versi premium dari plugin ini dimulai dari 25$ per tahun.

WP-Optimize

plugin wordpress wp-optimize untuk optimasi seo gambar
image by wp optimize

Plugin satu ini tidak hanya dapat mengoptimalkan file gambar anda, WP-Optimize dapat membersihkan database, memodifikasi caching, dan mengecilkan script. Boleh dibilang plugin ini adalah plugin untuk optimasi wordpress, tidak hanya gambar saja.

Kekurangan dari plugin ini adalah tidak adanya pilihan untuk mengkompres file-file yang sudah ada sebelumnya, jadi plugin WP-Optimize lebih cocok untuk website yang masih baru.

Bila anda menginginkan plugin yang memiliki banyak fungsi untuk mengoptimalkan website wordpress anda, mungkin WP-Optimize adalah jawabannya. WP-Optimize akan dapat membantu mengoptimalkan situs atau blog anda agar lebih cepat.

Tetapi bila kecepatan loading website anda sudah cepat, mungkin akan lebih baik untuk menggunakan plugin khusus untuk mengkompres gambar lainnya.

Versi premium dari plugin ini dimulai dari 39$ per tahunnya.

Penutup

Gambar akan menjadi bagian yang penting bagi website atau blog anda. Bagi yang berjualan online baik melalui marketplace macam tokopedia, instagram ataupun website pasti akan membutuhkan gambar untuk menunjukkan produk-produknya.

Bagi website yang konten utamanya berupa artikel-artikel seperti situs berita pun tetap akan membutuhkan gambar untuk mendukung kontennya. Dengan optimasi SEO gambar, page anda bisa lebih mudah mendapati peringkat atas search engine.

Ada banyak pilihan plugin optimasi gambar yang dapat membantu anda mengoptimalkan gambar untuk website wordpress anda. Memang plugin-plugin di atas memiliki fungsi dan fitur yang sama, yang mungkin akan membedakannya adalah interface yang lebih nyaman untuk anda.

Rekomendasi dari saya sendiri adalah Smush yang memang digunakan untuk blog ini. Selain dari Smush mungkin saya lebih menyukai EWWW image optimizer.

Plugin mana pun yang anda gunakan akan dapat membantu untuk optimasi SEO gambar untuk konten website anda.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *