12 Langkah Optimasi On Page SEO WordPress

Pada artikel belajar dasar SEO, optimasi SEO on page adalah teknik untuk mengoptimasi website dari dalam / secara internal. Ilmu SEO on page terfokus pada faktor-faktor terutama konten dalam website / blog.

Secara sederhana on page SEO adalah langkah untuk membuat isi website / blog supaya tampak lebih berkualitas atau nyaman untuk dilihat oleh pengunjung. Pengunjung pun dapat lebih mudah bernavigasi di website dan pergi dari konten yang satu ke konten lainnya.

On page SEO adalah faktor yang sangat penting guna membuat website akan lebih mudah meranking terutama di google search engine. Karena selain membuat algoritma mesin pencari lebih mudah untuk memahami sebuah situs, pemilik situs juga memegang kontrol terhadap SEO on page ini.

Jadi apa saja hal penting dalam optimasi SEO on page website dan blog wordpress? Mari lihat listnya di bawah ini.

optimasi on page SEO wordpress
image from freepik

Instal plugin YOAST SEO

Walaupun tidak harus, saya menyarankan untuk menggunakan plugin YOAST SEO pada website / blog wordpress anda. Plugin ini akan sangat membantu dalam mengoptimalkan on page wordpress anda.

Anda tinggal pilih menu plugins pada dashboard, add new, masukkan YOAST SEO pada kolom pencarian, lalu instal dan aktifkan.

Kegunaan plugin ini akan dapat anda ketahui sambil mempelajari SEO on page di bawah ini.

Judul konten atau artikel yang menarik

Pertama pastinya kita akan bahas judul, seperti judul page, homepage ataupun judul artikel postingan anda nantinya. Judul adalah kalimat pertama yang akan dilihat oleh pembaca, baik dari hasil pencarian google ataupun pembaca yang sedang mengunjungi situs blog anda.

Dengan judul yang menarik maka kemungkinan pengguna mesin pencari mengklik website anda akan semakin besar.

Anda juga bisa menggunakan angka pada judul agar lebih menarik perhatian, seperti contoh berikut.

  • 10 Smartphone Murah Terbaik 2021
  • 7 Langkah Mudah Untuk Mendapat Pekerjaan

Penggunaan heading dan subheading

Heading dan sub heading akan membagi artikel menjadi beberapa bagian yang memudahkan untuk dibaca. Misalnya pada artikel dengan judul Cara Memancing Ikan, lalu membagi artikel tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya bagian 1 cara memancing di laut, lalu bagian 2 cara memancing dengan menggunakan jala, lalu pada subheading ada sub bagian jenis jala 1, 2 dan 3.

Dengan menambahkan heading dan subheading pada konten, navigasi pada website pun akan menjadi lebih baik, yang di mana intinya adalah kenyamanan pengunjung untuk membaca konten.

Media gambar atau video pendukung

Dengan menambahkan gambar atau video selain membuat konten akan lebih menarik, media tersebut juga dapat mendukung karya tulis anda. Sangat dianjurkan untuk setidaknya menambahkan satu gambar pada konten.

Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran file gambar yang akan digunakan. Dengan menggunakan gambar dengan ukuran file kecil akan membuat loading website lebih cepat, yang juga merupakan salah satu bagian dari on page SEO.

Untuk mengecilkan ukuran file gambar dapat menggunakan program seperti photoshop atau paint. Anda juga bisa menggunakan website yang mengkompres gambar seperti TinyJPG atau TinyPNG.

GTmetrix menyarankan kalau file size gambar sebaiknya berkisar pada 100kb, lebih kecil lebih baik.

Dan jangan lupa untuk mengganti nama file dan alt text gambar yang telah anda upload dengan keyword yang anda gunakan. Hal ini bertujuan agar gambar yang anda gunakan dapat muncul pada hasil search engine.

Penggunaan keyword pada konten

Anda pastinya harus menyisipkan keyword yang ditentukan dan diincar pada konten. Dengan menyisipkan keyword pada konten, search engine akan lebih mudah untuk menemukan dan memberi peringkat pada konten atau website anda nantinya.

Misalnya anda menyisipkan keyword Cara Memancing Ikan Laut, search engine akan dapat menangkap kata-kata tersebut ketika ada yang melakukan pencarian pada search engine.

Jangan lupa untuk menyisipkan keyword pada judul atau heading subheading. Walaupun search engine akan tetap dapat menangkap kata-kata pada paragraf badan artikel, keyword pada judul akan semakin memudahkan search engine menemukan sebuah konten.

Berhati-hatilah dalam penempatan dan penggunaan keyword. Penggunaan yang berlebihan atau penempatan yang salah dapat membuat konten menjadi aneh untuk dibaca.

Jumlah kata atau panjang konten

Konten yang panjang dengan jumlah kata yang banyak juga merupakan salah satu faktor on page. Dengan konten yang panjang akan lebih mudah untuk meningkatkan peringkat page atau website.

Perhatikan juga topik yang dibahas dalam konten yang akan ditulis, apakah cocok untuk ditulis dengan panjang atau lebih baik singkat saja.

Plugin YOAST SEO dapat membuat penghitungan jumlah kata dalam postingan artikel / konten lebih mudah. Setelah selesai menulis artikel, langsung saja ke bagian bawah dan membuka bagian SEO analysis.

jumlah kata dalam artikel wordpress

Dapat dilihat kalau plugin ini telah menghitung jumlah kata pada konten secara otomatis. Jadi anda tidak perlu pusing-pusing mencari cara untuk menghitung sudah berapa kata yang tertulis.

Kualitas konten

Anda perlu memperhatikan kualitas konten yang telah dipublikasikan. Dengan konten yang berkualitas, pengunjung akan lebih betah berlama-lama di website anda, dan semakin banyak pengunjung yang berlama-lama di website anda akan semakin besar penilaian website anda.

Dan pastinya jangan menggunakan konten yang anda copy paste dari situs lain atau plagiat. Algoritma mesin pencari tidak akan memberi nilai bagus pada konten tersebut. Bahkan mungkin konten tersebut tidak akan muncul di search engine.

Ada baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap konten anda, seberapa besar kesamaannya dengan konten dari situs lain. Anda dapat menggunakan layanan pengecekan seperti copyscape, grammarly, plagium, dan quetext.

Berikut adalah contoh pengecekan konten dari plagium.

konten artikel wordpress berkualitas

Membuat konten yang 100% berbeda dengan konten yang sudah ada hampir mustahil, sebaiknya menjaga persentase kesamaan / similarity di bawah 20%.

Kalau anda serius untuk membuat konten yang berkualitas sangat dianjurkan untuk berlangganan salah satu situs pengecekan konten plagiat. Beberapa situs memperbolehkan pengecekan secara gratis, tetapi pastinya akan terbatas.

Seperti sudah ada pada artikel dasar SEO, Outbound link adalah link URL yang mengarah ke website lain. Misalnya wordpress.org, ini adalah outbound link yang mengarah ke website tersebut. Outbound links akan berguna untuk meningkatkan rating website nantinya. Selain itu outbound link juga berguna untuk menunjukkan pada pengunjung tentang sumber atau referensi sebuah topik artikel.

Perhatikan juga outbound link tidak mengarah ke website yang dipertanyakan atau tidak jelas reputasinya. Umpamakan saja apakah anda mau mereferensikan sesuatu atau seseorang yang tidak baik? Ataukah bagaimana pandangan orang lain terhadap anda setelah mereferensikan sesuatu yang tidak baik tersebut?

Sedangkan internal link penting untuk menghubungkan konten satu dengan yang lainnya. Tidak hanya bagi pembaca saja, google search engine akan lebih senang dengan website yang saling terhubung. Dengan internal link pembaca dapat diarahkan ke konten terhubung lainnya, dengan begitu pembaca akan mendapat tambahan informasi dan makin betah berlama-lama.

Contoh internal links seperti

Dan terakhir, sangat disarankan untuk menggunakan open link in new tab untuk semua outbound dan internal link. Dengan begini akan tetap menjaga agar page anda tidak tertutup.

Penggunaan permalink yang baik adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Gunakanlah permalink yang memuat keyword, seperti misalnya situs123.com/cara-memancing-ikan. Jangan menggunakan permalink yang terlalu panjang, gunakan secara sederhana dan seperlunya saja.

Catatan penting bila menggunakan wordpress, sebaiknya mengecek terlebih dahulu bagaimana setting permalink yang terpasang. Dari menu dashboard pilih Setting lalu Permalink. Pastikan yang terpilih adalah Post Name. Karena kalau tidak URL page nantinya bisa saja menjadi situs123.com/2021/05/judul-post. Pastikan untuk menghindari hal ini.

Cara yang lainnya adalah dengan mengubah slug menggunakan plugin YOAST SEO. Apa itu slug? Slug adalah bagian belakang dari URL anda nantinya, situs123.com/cara-memancing-ikan, yang saya tebalkan adalah slug.

yoast SEO meta description

Di bagian dalam kotak merah adalah setting slug untuk post apa itu seo. Bagian slug terisi secara default dengan apa-itu-seo karena mengikuti judul artikel. Bisa saja diubah menjadi panduan-seo-untuk-pemula, dengan begitu URL post tersebut akan berubah dari angindewa.com/apa-itu-seo menjadi angindewa.com/panduan-seo-untuk-pemula.

Title tag dan meta description

Title tag akan sangat mempengaruhi peringkat sebuah website pada search engine. Ini jugalah yang akan terlihat pertama kali oleh pengguna search engine ketika page anda muncul pada penelusuran. Title tag yang baik akan memuat keyword dan memberi tahukan isi konten dari suatu page.

title-tag-search-engine

Meta description atau deskripsi meta adalah deskripsi website saat muncul di hasil penelusuran mesin pencari. Dengan plugin YOAST SEO anda dapat mengubah deskripsi meta dengan mudah. Meta description pada YOAST SEO terdapat di bawah slug.

meta description SEO on page wordpress

Contoh di atas adalah meta deskripsi untuk tokopedia ketika muncul di halaman pencarian. Pastikan untuk menyisipkan keyword pada meta description supaya mesin pencarian google lebih mudah menemukan website anda.

Title tag berbeda dengan judul, secara default title tag akan menggunakan judul konten. Title tag dan meta description dapat diganti sesuai keinginan kapan saja dengan menggunakan YOAST SEO.

Memilih theme atau template

Di era smartphone ini sangatlah perlu untuk memilih theme / tema wordpress (template bila anda menggunakan blogspot) yang mobile friendly. Salah satu faktor penilaian terbesar pada search engine adalah website yang mobile friendly. Pada menu tampilan wordpress anda dapat memilih banyak theme / tema secara gratis, tetapi tidak semuanya akan nyaman terlihat di smartphone.

Setelah memilih theme sebaiknya segera cek di komputer dan smartphone, bagaimana tampilan jadi website yang akan terlihat nanti.

Anda juga bisa menggunakan google search console untuk mengetahui apakah website anda sudah mobile friendly atau tidak menurut analisa dari google.

Meningkatkan loading speed

Loading speed website juga menjadi pengaruh sangat penting dalam on page SEO. Anda bisa menganalisa kecepatan loading situs anda dengan gratis dengan menggunakan tools seperti PageSpeedInsight dan Mobile Friendly Test milik google. Atau bisa juga menggunakan GTmetrix.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan loading speed adalah dengan memperhatikan ukuran file gambar yang sebelum mengupload.


Catatan terakhir yang tidak kalah penting, judul konten, permalink / slug dan meta description bisa diubah kapan saja, tapi lebih baik hanya lakukan bila benar-benar perlu saja.

Terutama bila mengganti URL page, jangan lupa untuk melakukan redirect 301 untuk mengarahkan visitor yang mengunjungi page lama anda menuju page baru. Redirect 301 juga akan memberitahukan tentang link page baru anda.

Penggantian judul dan meta description akan membutuhkan waktu untuk search engine menampilkan judul dan deskripsi meta baru dari yang lama.


Dengan memperhatikan 12 langkah optimasi on page SEO di atas, kualitas website / blog wordpress anda akan dapat meningkat. SEO bukanlah ilmu yang sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Roma tidak dibangun dalam sehari, website anda tidak akan langsung mencuat setinggi langit dalam waktu singkat.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *