Menulis Artikel SEO Friendly

Menulis artikel atau konten sangatlah penting bagi SEO sebuah website. Mengapa artikel sangat penting? Apakah manfaatnya? Lalu bagaimana baiknya membuat artikel SEO? Di sini akan dibahas mengenai artikel konten SEO untuk website ini.

Pemilik website atau bisnis online tidak akan bisa menghindari kalau situsnya akan selalu membutuhkan konten baru secara berkala. Sayangnya hanya menulis saja tidaklah cukup, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar artikel blog anda dapat lebih mudah meranking pada search engine.

Dengan asumsi anda sudah mengetahui tentang niche website atau blog anda, maka tahapan selanjutnya adalah membuat konten untuk website anda.

langkah menulis konten artikel seo friendly untuk website
image from freepik

Apa itu artikel SEO friendly

Beberapa orang mungkin akan berkata kalau melakukan update konten atau artikel blog setiap harinya akan membuat website atau blog bisa naik ranking di hasil pencarian search engine.

Memang ada benarnya, dengan konten yang semakin banyak pada website atau blog, google akan melihat kalau situs anda memiliki rich content atau konten dengan nilai value yang banyak bagi pengguna search engine. Karena itulah google akan lebih berniat untuk menaikkan situs dengan konten yang banyak tersebut.

Manfaat menulis artikel SEO friendly

Konten SEO friendly akan mendatangkan benefit yang banyak untuk situs anda. Dengan konten SEO tersebut maka website anda akan lebih mudah mendapat visitor dari search engine karena website anda mendapat rank yang tinggi. Rank yang tinggi pada search engine tidak hanya akan mendatangkan visitor yang lebih banyak saja, tetapi akan meningkatkan kepercayaan calon visitor yang melihat situs anda pada search engine.

Calon visitor atau pembeli tentunya akan lebih mempercayai situs yang memiliki rank yang tinggi, terlebih lagi kalau website tersebut merupakan situs dari produk dengan brand yang sudah memiliki nama. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

Pentingnya menulis artikel SEO friendly

Menulis artikel atau konten baru secara berkala akan menjadi kegiatan yang paling memakan waktu anda selama mengurus website atau blog. Karena itu akan sangat penting untuk mengetahui seperti apakah konten yang SEO friendly tersebut agar waktu anda tidak termakan lebih banyak lagi.

13 langkah membuat artikel SEO yang baik dan benar

Sayangnya untuk membuat artikel atau konten tidaklah sembarangan saja mencurahkan apa yang anda ketahui pada sebuah tulisan saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat artikel atau konten yang SEO friendly.

Lakukan keyword research untuk artikel

Yang pertama harus anda lakukan adalah menemukan keyword untuk konten anda. Tentukan beberapa keyword yang mau anda sisipkan pada artikel anda. Google akan menemukan kata-kata ini nantinya ketika pengguna search engine melakukan pencarian.

keyword tool
image from google search

Kata kunci yang tepat untuk anda gunakan adalah kata kunci dengan volume pencarian sebesar mungkin yang jumlah persaingannya sekecil mungkin, dan tentunya sesuai dengan niche blog dan konten anda.

Keyword dengan volume pencarian yang besar berarti akan banyak pengguna search engine yang melakukan pencarian dengan kata-kata tersebut.

Sedangkan keyword dengan persaingan yang kecil berarti tidak banyak website atau blog yang menargetkan kata-kata tersebut, yang juga berarti website anda akan lebih mudah mendapat rank tinggi di hasil pencarian.

Untuk menemukan beberapa keyword yang tepat, anda dapat menggunakan keyword tools untuk membantu anda melakukan riset keyword.

Ketahui niat pengguna search engine

Pengguna search engine melakukan pencarian dengan tujuan yang bermacam-macam. Ada yang ingin membeli laptop, maka keyword yang akan dicari misalnya beli laptop baru atau laptop murah.

Anda tidak mau menggunakan keyword yang menjual atau membeli laptop pada artikel yang hanya berisi informasi laptop saja.

Penggunaan keyword pada artikel

Setelah menemukan beberapa keyword yang mau anda gunakan pada artikel blog, keyword tersebut akan anda sisipkan pada artikel yang anda tulis.

Perhatikan penggunaannya ketika menulis artikel SEO, karena penggunaan keyword yang terlalu banyak bukan akan membuat posisi situs anda meningkat, malah bisa saja menurun.

Sebarkan juga keyword-keyword anda pada artikel secara natural. Ini juga akan membuat visitor merasa lebih nyaman untuk membaca artikel anda.

Penggunaan keyword atau kata kunci terkait juga dapat membuat sebuah artikel dapat meranking dengan lebih banyak keyword lagi.

Jumlah kata atau panjang artikel

Artikel dengan jumlah kata yang panjang biasanya akan lebih mudah untuk mendapat posisi lebih tinggi pada search engine. Hal ini biasanya dikarenakan oleh beberapa hal berikut.

  1. Artikel panjang mengandung keyword yang lebih banyak
  2. Memuat lebih banyak informasi
  3. Lebih mengikat pembaca karena informasi yang lebih banyak

Lalu berapakah sebaiknya panjang artikel atau jumlah kata artikel yang baik? Menurut YOAST SEO, artikel sebaiknya memiliki minimal panjang 300 kata. Tetapi seperti dijelaskan di atas, sebaiknya membuat artikel sepanjang mungkin agar konten lebih mudah meranking.

YOAST SEO juga dapat menghitung panjang artikel yang sedang ditulis, pastinya ini dapat membantu anda ketika menulis artikel SEO untuk website.

Kualitas artikel

Untuk memastikan kalau artikel anda sudah SEO friendly, anda tidak hanya harus memperhatikan penempatan keyword dan panjangnya saja. Anda juga harus memastikan bahwa artikel anda tidak plagiat.

Apa maksudnya konten plagiat? Maksudnya adalah artikel atau konten anda memiliki presentase kesamaan yang tinggi bila dibandingkan dengan konten dari situs lain.

Mungkin saja anda menulis artikel SEO tersebut benar-benar dari nol tanpa melihat situs atau blog orang lain. Tetapi bot search engine tidak akan mengetahui hal tersebut dan akan menganggap artikel anda plagiat.

Meskipun begitu konten plagiat bisa saja meranking lebih tinggi dibanding konten original yang sudah terbit terlebih dulu.

Lalu apa ruginya meniru artikel orang lain kalau memiliki potensi ranking tinggi? Sayangnya tidak semudah itu, algoritma mesin pencari bisa saja enggan meningkatkan rank page dengan artikel plagiat tersebut sebelum page dengan konten plagiat tersebut meranking. Selain itu sang pemilik artikel original tersebut bisa saja meminta bantuan google untuk mengambil tindakan pada situs anda.

Jadi sebaiknya anda menghindari hal ini agar tidak terkena masalah-masalah yang tidak diinginkan ke depannya.

Anda dapat menggunakan pengecekan terlebih dahulu sebelum menerbitkan artikel anda dengan menggunakan tools online seperti copyscape, gramarly, plagium dan quetext.

Berikut adalah contoh hasil pengecekan pada plagium.

konten artikel wordpress berkualitas

Menulis artikel yang 100% original dan berbeda dengan artikel yang sudah terbit sebelumnya hampir tidak mungkin. Bila anda menggunakan beberapa tools di atas, baiknya menjaga presentase di bawah 20% atau mengikuti parameter dari situs tersebut.

Menulis artikel untuk dibaca

Pada akhirnya artikel yang anda tulis akan dibaca oleh visitor situs atau blog anda. Karena itu janganlah semata-mata menulis artikel hanya agar page anda lebih mudah mendapat posisi tinggi pada search engine.

Page tanpa visitor akan lebih sulit untuk mendapat posisi yang tinggi pada search engine, karena salah satu faktor mendapat posisi tinggi adalah user experience yang baik.

Selain itu anda juga mau memperhatikan apakah artikel panjang cocok untuk dibaca atau lebih baik artikel tersebut lebih baik ditulis lebih pendek saja.

Jangan sampai karena anda mau menulis artikel yang sangat panjang membuat anda jadi menulis kalimat-kalimat yang aneh dan membuat pembaca bingung.

Keyword pada judul, heading, subheading, dan URL

Selain menyisipkan keyword pada badan artikel menggunakan judul, heading, subheading, dan URL yang mengandung keyword akan lebih memaksimalkan SEO artikel atau konten anda.

Bagi anda yang awam mungkin URL akan lebih anda kenal dengan link page. Mengganti URL ketika menulis artikel pada wordpress akan lebih mudah dengan menggunakan plugin YOAST SEO.

Tambahkan outbound dan internal link

Outbound atau external link adalah link atau URL yang menuju ke website lain. External link dapat anda tambahkan sebagai referensi kepada situs terkait atau memberitahu pada pembaca tentang referensi dari artikel anda.

Sedangkan internal link adalah link yang menuju ke page lain dalam situs yang sama. Internal link ketika menulis artikel SEO akan berguna untuk membantu pengindeksan page anda.

Internal link juga berguna untuk memberikan referensi pada pembaca tentang artikel terkait. Dengan begitu internal link dapat meningkatkan page view page anda dan membuat visitor betah lebih lama berada di website anda.

Berhati-hatilah dalam menambahkan external dan internal link, penggunaan link yang menuju website atau page yang tidak menyambung pada topik anda bisa saja dianggap spam.

Dan berhati-hatilah untuk tidak menautkan link terlalu banyak, tautkan link pada artikel sewajarnya saja.

Tambahkan media visual

Artikel dengan media visual seperti gambar dan video akan lebih menarik bagi pembaca.

Gambar-gambar atau video tersebut juga dapat mendukung teori atau informasi pada artikel, sehingga membuat pembaca makin tertarik dan percaya kepada situs anda.

Ketika menambahkan media visual perhatikanlah hak cipta dari media tersebut. Untuk menghindari masalah hak cipta bisa menggunakan konten visual dari situs-situs yang menyediakan gambar gratis seoerti freepik.com.

Optimasi SEO gambar

Gambar yang anda gunakan pada artikel juga harus dioptimalkan agar lebih SEO friendly. Hal-hal penting yang perlu anda perhatikan ketika mengoptimalkan gambar adalah.

  1. Nama file gambar, gunakan nama yang singkat dan sesuai dengan keyword artikel.
  2. Alt text, masukkan teks yang mendeskripsikan artikel anda dan jangan lupa untuk memasukkan keyword.
  3. File size, sebaiknya menggunakan gambar dengan file size sekecil mungkin. Mungkin anda mau menggunakan format webp agar file size gambar menjadi kecil.

Mengenai file size, ini akan memiliki pengaruh kepada loading page. Loading page yang cepat akan membuat page anda lebih mudah mendapat rank tinggi pada search engine google.

Apabila memang page anda membutuhkan gambar dengan detail tinggi dan file size yang besar mungkin anda mau membuat versi thumbnail yang baru akan menampilkan gambar ukuran penuhnya ketika diklik.

Title tag dan meta description

Title tag adalah judul page yang akan muncul di hasil pencarian search engine. Title tag yang baik akan memuat keyword dan memberitahukan isi artikel anda secara garis besarnya.

strategi seo untuk website

Buatlah title tag yang mengandung keyword dengan panjang maksimal 60 huruf.

Meta description adalah deskripsi singkat page atau artikel yang akan muncul pada pencarian. Meta description yang baik akan mengandung keyword dan panjang maksimal 160 huruf.

Permalink atau slug

Atau URL atau sebut saja link page anda. Permalink atau slug secara otomatis akan menggunakan judul artikel, tetapi dapat anda edit kalau terlalu panjang.

strategi url seo website

Permalink yang baik adalah link yang mengandung keyword dan tidak terlalu panjang.

Title tag, meta description, dan slug dapat disetting dengan mudah menggunakan plugin wordpress YOAST SEO.

yoast seo plugin untuk menulis artikel seo

Gunakan kategori dan tag

Kategori dan tag akan membuat navigasi website menjadi lebih baik dan meningkatkan user experience visitor.

Navigasi website dan user experience yang baik juga merupakan salah satu faktor SEO yang dapat membuat website anda mendapat rank yang lebih tinggi pada search engine.

Update secara berkala

Dengan menulis artikel atau konten SEO secara berkala untuk website anda pastinya akan dapat meningkatkan kemungkinan sebuah page mendapat penilaian yang baik dari google.

Mengapa demikian? Berikut beberapa keuntungan sering update konten.

  1. Website atau blog dengan rich content akan lebih mudah naik peringkat.
  2. Memberikan opsi internal link yang lebih banyak.
  3. Bacaan yang lebih banyak bagi pembaca dapat meningkatkan page view.
  4. Website yang selalu up to date, bukan website dengan konten usang.

Pembaca juga tidak mau membaca konten dengan tanggal terbit yang sudah lama. Misalkan saja seseorang mencari info laptop terbaru, tetapi artikel anda terbit pada tahun 2019, page anda mungkin tidak akan dibuka.

Penutup

Membuat konten artikel SEO untuk website adalah kegiatan yang akan paling memakan waktu selama anda mengembangkan website atau blog anda. Anda harus melakukan riset keyword dan menyusun kata-kata agar artikel nyaman untuk dibaca setiap kali anda mau melakukan update artikel baru.

Walaupun memang tampak menyusahkan pada awalnya, tetapi ini adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk membuat website anda mendapat posisi yang tinggi pada hasil pencarian search engine. Dengan posisi tinggi pada google search engine, jumlah visitor website atau blog anda akan meningkat drastis.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *