Mengatasi Quarter Life Crisis

Quarter life crisis atau krisis seperempat abad adalah periode di mana anda merasa bingung, khawatir, tidak memiliki arah dan galau akan ketidakpastian masa depan. Biasanya terjadi pada orang-orang berumur 20 hingga 30 tahunan. Adapun penyebab seseorang mengalami hal ini biasanya karena mengalami masalah seperti berikut

  1. Masalah pekerjaan atau finansial
  2. Baru pertama kali hidup secara mandiri
  3. Kekhawatiran akan rencana karir masa depan
  4. Sedang menjalankan hubungan romantis untuk pertama kali
  5. Baru saja putus cinta
  6. Melihat teman atau orang di lingkungan sekitar yang sudah mencapai impiannya terlebih dahulu

Baca juga 7 Tips Jitu Mengatasi Jenuh dan Stress

Seperti semua orang ketahui, begitu manusia menjalani kehidupan sosialnya maka pastinya mereka akan mendapati semakin banyak masalah, atau menyadari bahwa hidup ternyata tidaklah semudah yang dulu dialami. Kalau ada yang sedang terjebak dalam Quarter Life Crisis ini, mereka akan sering merasa bingung dengan apa yang akan mereka lakukan, mereka juga akan kekurangan motivasi dalam menjalani kesehariannya. Apabila anda adalah salah satu orang yang sedang mengalami hal ini, Quarter Life Crisis dapat dihadapi dengan beberapa hal berikut.

Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain

Membandingkan diri anda dengan orang lain bukanlah hal yang sehat, berhentilah berpikiran hal ini dan mulailah memikirkan apa sebenarnya yang bisa anda lakukan. Anda iri melihat teman anda sudah sukses sementara anda masih menjaga toko ataupun berkeliling menawarkan barang dengan motor anda? Ya, mungkin saya sendiri pun akan begitu, tetapi tetap ingatlah bahwa waktu anda akan datang selama anda tidak menyerah.

Just Do It

Berhentilah terus berpikir, jangan ragu untuk memulai sesuatu. Tetapi tetap berhati-hati dalam menangani resiko. Kalau anda merasa yakin dapat melakukan sesuatu yang di kemudian hari dapat membuat anda sukses, segera lakukan riset, cari tahu dan eksekusi, ketimbang selalu memikirkan masalah anda. Membayangkan bila anda akan sukses di kemudian hari akan menjadi motivasi untuk anda. Tetapi anda harus tetap ingat, bahwa proses selalu membutuhkan waktu, jangan berangan-angan kalau anda mulai eksekusi hari ini lalu  besok akan langsung dapat untung besar.

Carilah orang yang bisa mendukung

Dengan adanya orang-orang yang selalu mendukung, anda akan selalu merasa positif. Orang-orang inilah yang akan menginspirasi dan membuat anda menjadi orang yang lebih baik. Dan yang terpenting mereka akan membuat anda tidak merasa sendirian dalam menjalani hidup ini.

Love Yourself

Cintailah diri anda sendiri, anda tidaklah seburuk yang selalu anda bayangkan, di luar sana pasti ada orang yang mencintai anda. Apabila anda mencintai seseorang, pastinya anda ingin seseorang tersebut bahagia dan mendapatkan yang terbaik dari anda. Hal ini pun sama, cintailah diri anda, selalu ingat kalau anda adalah orang yang paling nyaman bagi anda sendiri. Perhatikan apa yang anda butuhkan dan buat anda sendiri nyaman.

Quarter life crisis dapat menyerang siapa saja, karena kita sebagai makhluk sosial masalah yang datang adalah lumrah dan tidak dapat dihindari. Tetaplah menempa fisik dan mental anda, pengalaman hidup selama ini akan membuat anda semakin kuat menjalani cobaan-cobaan yang datang. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan anda, olahraga yang cukup dan pastinya cukup istirahat.

Baca juga Tips & Trik lainnya Tips & Trik – angindewa.com

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *