Memilih Niche Untuk Blog Anda

Memilih niche atau topik yang akan dibahas di blog anda merupakan tahapan penting yang akan menentukan kemajuan blogging anda ke depannya. Seperti dijelaskan di artikel cara membuat blog, disarankan untuk memilih topik yang disenangi atau yang dimengerti dengan baik.

Memilih niche bisa diibaratkan dengan produk apa yang mau diproduksi di pabrik atau dijual di toko, yang nantinya akan menentukan target pasar / pengunjung blog. Dengan memilih niche yang tepat, akan banyak visitor yang mengunjungi blog anda nantinya.

Memilih niche atau topik mungkin akan membingungkan, berikut adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum menentukan niche.

Passion atau keuntungan

Pasti ada beberapa yang ingin membuat blog dengan tujuan mencari keuntungan, entah sebagai sampingan atau pendapatan utama. Memilih niche berdasarkan passion akan memudahkan update konten blog secara berkala.

Lalu apakah membuat konten berdasarkan keuntungan salah? Tidak juga, tetapi kalau fokus utama yang dicari adalah keuntungan lewat blogging, anda bisa mengalami kesulitan seperti tidak sabaran karena blog anda lama mendapat visitor.

Perlu ditegaskan agar blog anda mendapat visitor yang banyak akan membutuhkan waktu. Untuk itulah lebih baik memberikan fokus kepada konten terlebih dahulu. Dengan konten yang berkualitas tentunya akan mendatangkan visitor yang banyak. Oleh karena itu jangan memilih topik yang tidak disukai / dimengerti. Sudah banyak blogger yang menyerah karena tidak mendapat angka visitor yang diharapkan, jangan sampai hal ini menimpa anda.

Memilih topik sesuai trending masyarakat pun bisa mendatangkan visitor dengan cepat. Dengan melakukan riset keyword dengan google search atau berita-berita terkini, bisa diketahui apa yang sedang banyak dicari.

Hati-hatilah, terlalu mengikuti tren bisa saja membuat topik artikel di blog anda jadi bermacam-macam. Apakah hal ini buruk? Tidak juga, namun tidaklah disarankan. Misalnya hari ini anda menulis tentang kesehatan, lalu minggu depan membahas otomotif dan bulan depan bahas smartphone. Ini akan membuat blog memiliki banyak niche atau lebih banyak disebut dengan blog gado-gado.

Memilih berdasarkan trending bisa saja membuat anda kesulitan menulis konten, apalagi kalau terlalu memaksakan untuk mengikuti trending. Dan hati-hati, trending sekarang bisa saja hanya bertahan sebentar dan jumlah peminat menurun.

Memilih berdasarkan trending yang salah dapat mengakibatkan penurunan jumlah visitor ke depannya, misalnya saja, sekarang mungkin topik tentang covid-19 atau corona memiliki banyak pencarian, tetapi bagaimana 2 atau 3 tahun ke depan?

Memikirkan jauh ke depan

Pikirkan apakah topik blog anda masih akan diminati oleh banyak orang. Misalnya blog resep masakan, tentunya sampai bertahun-tahun lamanya masih banyak orang yang akan memasak.

Seperti dibahas sebelumnya, pilihlah topik sesuai minat anda. Dengan begitu anda bisa dengan mudah mempelajari ilmu baru dan tetap menjaga info topik blog tetap fresh. Jadi tidak hanya blog saja yang harus up to date, pengetahuan anda juga harus up to date.

Dengan memilih topik yang tidak kadaluarsa dalam waktu dekat, blog anda akan tetap mendapatkan visitor. Tetapi tidak lupa kalau topik yang anda bahas tetap up to date. Visitor selalu mencari informasi terbaru, bukan informasi 2 atau 3 tahun lalu. Apa jadinya kalau visitor mencari harga tiket pesawat bulan ini, tetapi harga tiket pesawat di blog anda adalah harga 2 tahun lalu.

Kompetisi

Tidak bisa dipungkiri, niche apapun yang telah dipilih pasti memiliki kompetitor. Baik sesama blogger atau website resmi yang akan berebutan ranking di google search. Dengan riset keyword yang berhubungan dengan niche anda, bisa dilihat seberapa besar kompetisi yang akan dihadapi.

Mungkin anda mau menghindari kompetisi yang terlalu besar dengan banyaknya jumlah pesaing, atau enggan bersaing dengan website besar lainnya yang sudah bernama.

Contohnya, blog anda dibuat dengan isi berita-berita, maka saingannya adalah website-website berita seperti kompas.com, liputan6.com, dan detik.com. Bukan tidak mustahil untuk melangkahi rank website tersebut di google search, hanya saja tantangannya terlalu besar.

Potensi pendapatan

Ada yang memilih niche dengan potensi income terbesar. Apakah maksudnya? Misalnya niche tertentu akan memiliki jumlah pasaran iklan yang lebih banyak, atau bayaran iklan yang lebih besar. Tidak sedikit blogger yang membuat blog berdasarkan potensi pendapatan dari suatu niche.

Tetapi sama seperti membuat blog berdasarkan keuntungan, bisa saja blogger yang membuat blog karena pengaruh ini mengalami ketidak puasan terhadap jumlah angka visitor / pendapatan. Dan lagi-lagi sudah banyak blogger yang jatuh karena hal ini.

Niche lokal atau go internasional

Anda bisa memulai blog dengan menggunakan bahasa Inggris atau istilah kerennya blog bule, supaya mendapatkan pengunjung dari manca negara. Keuntungan blog dengan niche internasional adalah potensi pasar atau pendapatan monetasi yang lebih besar.

Tetapi jangan salah, jumlah pesaingnya pun juga bertambah, karena anda akan bersaing dengan blogger dan website-website besar dari seluruh dunia.

Sebagai informasi saja, jika memiliki rencana monetasi blog dengan google adsense, pembayaran iklan dari luar lebih besar dibandingkan iklan lokal. Tidak hanya adsense saja, pilihan affiliate marketing untuk internasional lebih banyak.

Kalau anda siap bersaing dan yakin, jangan ragu untuk membuat blog dengan bahasa Inggris.

Blog satu niche atau blog gado-gado

Blog yang terfokus dengan satu niche / topik saja akan lebih mudah mendapat ranking di mesin pencari. Apa penyebabnya? Karena anda akan terus-terusan mengupdate konten / artikel dengan topik tersebut. Dengan begitu google akan menilai blog anda sebagai sebut saja blog travel yang memiliki banyak value content tentang travel.

Apakah blog gado-gado tidak bagus atau jelek? Tidak juga, sudah ada beberapa blog gado-gado yang berhasil mendapat banyak visitor. Lihat saja contohnya tribunnews atau kompas.com, walaupun mungkin keduanya lebih tepat disebut sebagai website dengan niche news atau berita. Tetap saja di dalamnya membahas banyak sekali topik.

Dan untuk meningkatkan ranking di google search engine akan lebih sulit, karena google akan melihat blog anda membahas tentang banyak topik. Jadi blog gado-gado tidaklah mustahil, hanya saja akan lebih disarankan untuk membangun blog single topic / niche.

Kelebihan blog gado-gado

Adapun kelebihan blog gado-gado itu sendiri adalah mungkin anda tidak akan terlalu mengalami kesulitan ketika ingin mengupdate konten. Sebut saja blog anda membahas topik kesehatan, otomotif, dan komputer. Suatu ketika anda sedang buntu dan tidak tahu akan menulis apa, tetapi setelah buka-buka youtube dan mendapati video, misalnya parts komputer yang baru dirilis. Maka anda bisa langsung segera menulis tentang parts komputer tersebut, jadinya anda tidak terikat pada satu topik saja.

Kelebihan blog niche terfokus

Sedangkan blog dengan satu topik akan lebih terfokus mendapatkan visitor dari orang-orang yang memiliki minat pada topik tertentu. Anda bisa saja mengaktifkan fitur subscribe supaya ketika blog mendapatkan update konten terbaru, maka subscriber akan mendapat notifikasi dan bisa langsung membaca artikel baru anda.

Dengan fokus pada satu topik, pembaca akan melihat anda sebagai orang yang ahli di bidangnya. Bisa saja mereka membookmark untuk dikunjungi kembali suatu saat nanti.

Satu lagi keuntungan blog dengan satu niche adalah lebih mudah untuk dipasarkan sebagai lapak iklan. Misalnya blog travel anda bisa saja mendapat kontrak iklan dari traveloka.

Kekurangan blog satu topik adalah dibutuhkan riset topik yang lebih dalam, supaya nantinya konten yang diupdate akan selalu fresh dan memuat informasi-informasi baru.


Jadi bagaimana harusnya memilih niche bagi blog anda? Ambillah catatan untuk memperhitungkan kelebihan dan kekurangan bila membangun blog dengan niche tertentu. Tentukan target visitor dan juga teliti apakah anda akan kesulitan untuk menulis artikel untuk visitor anda. Kalau anda kesulitan untuk menulis, mungkin anda harus mulai melirik topik lainnya.

Ada baiknya sebelum memilih niche, anda menulis dulu beberapa artikel misalnya di notepad, ms word. Lihat dulu apakah anda kesulitan, berapakah artikel yang bisa dihasilkan dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam sebulan anda dapat menulis 20 artikel lebih. Maka dari itulah selalu dihimbau untuk memilih niche / topik blog yang disenangi dan mengerti dengan baik, supaya lebih mudah untuk melakukan update konten baru.

Catatan terakhir apabila anda berencana menggunakan monetasi google adsense, lakukan riset terlebih dahulu karena beberapa niche tidak diperbolehkan.

Baca juga tentang Memilih Hosting dan Menginstall WordPress

Lihat info-info blogging lainnya Blogging – angindewa.com

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *