Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Memilih nama domain yang tepat untuk blog atau website anda adalah salah satu tahapan awal ketika memulai kegiatan blogging ataupun website anda. Menentukan nama domain layaknya memilih nama toko, restoran atau kafe anda, nama yang akan selalu disebut-sebut oleh para calon visitor nantinya.

Nama domain juga bisa berarti merek atau brand anda, macam nike atau adidas.

memilih nama domain untuk website
image from freepik

Domain dengan keyword atau domain dengan nama brand

Ketika mencari nama domain untuk website atau blog, anda memiliki pilihan untuk menggunakan nama brand produk barang anda, contohnya seperti website nike yang menggunakan brandnya sebagai nama websitenya. Keuntungan menggunakan nama brand seperti ini tentunya akan lebih baik ke depannya ketika brand anda sudah banyak dikenal. Walaupun mungkin awalnya tidak akan banyak yang mengunjungi situs dengan nama brand tersebut.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan keyword pada nama domain. Misalnya anda menggunakan nama domain YoutubeIndonesia.com. Pengaruh positifnya website anda bisa saja lebih mudah merangking pada keyword-keyword youtube khususnya pada pengguna di Indonesia. Hal ini tentu saja baik kalau anda ingin menfokuskan blog atau situs anda kepada visitor yang mencari info tentang youtube dari Indonesia. Tetapi pengaruh negatifnya adalah situs anda menjadi terikat pada topik youtube saja. Dan juga anda mungkin saja menggunakan bahasa Indonesia yang membuat situs anda kurang menarik bagi calon visitor internasional.

Jadi menggunakan keyword untuk nama domain mungkin saja bagus untuk ranking pada search engine, tetapi hal tersebut dapat mengakibatkan website atau blog anda menjadi terkunci pada topik tertentu saja. Apalagi kalau menggunakan nama negara atau bahasa pada nama domainnya, calon visitor bisa menganggap website anda hanya khusus untuk pembaca dari negara tertentu saja.

Walaupun anda tidak memiliki produk dengan brand tertentu, juga bukan berarti anda tidak bisa membuat nama unik yang nantinya akan menjadi besar. Website macam amazon, google, facebook dulu pastinya juga memulai dari tahapan tidak dikenal terlebih dulu.

Gunakan .com sebisa mungkin

Walaupun bukanlah sebuah kewajiban untuk menggunakan .com untuk domain anda, tetapi nama .com seperti sudah lebih dikenal oleh banyak orang ketika menyebutkan sebuah website.

Banyak web developer yang lebih suka menggunakan .net atau .org, entah karena selera masing-masing atau karena beberapa TLD lebih murah dibandingkan .com. Atau terkadang karena nama domain .com yang diinginkan sudah diambil oleh orang lain sehingga terpaksa menggunakan .net.

Ada cerita tentang seorang blogger yang menggunakan .org untuk blognya. Seiring berjalannya waktu blog tersebut ramai dikunjungi visitor dan blogger tersebut mendapat banyak keuntungan dari blognya. Tetapi hal yang mungkin disayangkan, suatu ketika blogger tersebut menemukan ternyata banyak yang menyebut nama domainnya dengan menggunakan .com. Mengetahui hal itu sang blogger akhirnya menghubungi pemillik domain .com tersebut untuk membelinya. Tetapi pemilik domain .com mengetahui blog sang blogger tersebut memiliki trafik pengunjung yang tinggi, dia memberi harga yang mahal untuk domain .com tersebut.

Kalau anda memiliki rencana jangka panjang untuk situs anda, sangat penting sekali untuk memikirkan nama domain yang baik dan menarik untuk website atau blo ganda.

Nama .com .net .org ataupun .co tersebut tidaklah memiliki pengaruh pada SEO, pengaruhnya ada pada pandangan calon visitor saja seperti cerita yang disebutkan di atas tadi. Anda tentunya tidak ingin kalau nama toko atau restoran anda salah disebut atau dibaca oleh calon tamu.

Gunakan nama domain yang baik

Anda tentunya mau memberi nama yang cantik untuk situs anda. Apa saja kriteria nama yang baik tersebut?

  • Mudah diingat
  • Mudah diketik
  • Sependek mungkin

Ketika menentukan nama ada baiknya anda mengetes apakah nama tersebut sulit untuk diketik, apakah ketika disebutkan kepada orang lain harus dieja per kata karena membingungkan. Nama yang pendek juga akan lebih mudah diingat dan diketik.

Anda juga bisa menggunakan beberapa situs di bawah ini untuk mencari nama yang bagus.

Dan kalau anda sudah memiliki produk yang sudah banyak dikenal, jangan ragu untuk membeli domain yang diinginkan walaupun mahal. Misalnya saja kalau anda pemilik cocacola tetapi cocacola.com ternyata sudah diambil orang lain, jangan ragu untuk membelinya walaupun mahal.

Hati-hati terhadap copyright

Bukan hanya konten saja yang bisa terkena copyright, domain anda nantinya pun bisa terkena copyright kalau tidak hati-hati. Contohnya saja, kalau anda menggunakan kata wordpress pada domain, anda akan mendapat peringatan nantinya.

Mengganti nama domain

Mungkin anda memutuskan untuk menggunakan BlogA.com, tetapi ke depannya anda merasa lebih baik menggunakan BlogB.com. Apakah bisa mengganti nama tersebut? Mengganti nama domain sebetulnya tidak bisa dilakukan, tetapi yang bisa dilakukan adalah memindahkan data-data dari BlogA.com ke BlogB.com. Sama seperti memindahkan perabotan dari rumah lama ke rumah baru.

Tetapi tidaklah disarankan untuk mengubahnya, mengapa? Karena backlink, trafik pencarian dari search engine dan popularitas website anda akan terikat pada domain lama anda.

Tentu saja bisa melakukan redirect 301 supaya visitor yang membuka situs lama akan langsung terhubung ke situs baru anda. Tetapi yang harus diperhatikan di sini adalah membutuhkan waktu supaya google dan para visitor anda untuk mengenal situs baru tersebut.

Dan janganlah heran kalau anda mengalami penurunan posisi pada search engine, karena redirect 301 dapat menyebabkan beberapa link juice dari beberapa reffering domain menghilang.

Baca juga tentang cara memindahkan database wordpress website lama ke website baru.

Karena itulah penting untuk memikirkan secara matang-matang mengenai nama domain ini. Ada blogger yang menyesal karena menggunakan nama yang terlalu panjang untuk blognya. Ada juga yang menyesal telah menggunakan .net pada blognya, karena beberapa visitornya pergi ke blog dengan nama yang sama tetapi menggunakan .com.

Cara meregister atau membeli nama domain

Setelah menemukan nama yang dirasa cocok anda bisa langsung meregister domain tersebut pada beberapa website registrar.

Harga domain tidaklah mahal, dimulai dari 2$-12$ per tahun. Karena itu tidak perlu ragu untuk langsung meregister nama tersebut walaupun anda tidak langsung mulai mengerjakan blog atau website anda. Beberapa web developer bahkan mendiamkan domain mereka hingga bertahun-tahun hanya supaya nama tersebut tidak diambil duluan oleh orang lain.

Penutup

Layaknya memilih niche untuk blog, menentukan nama website anda juga sangatlah penting. Terutama bila anda memiliki rencana jangka panjang dengan website anda.

Kalau anda memang sudah memiliki produk dengan brand yang sudah dikenal jangan ragu untuk membeli domain dengan yang mengandung brand anda tersebut walaupun mahal, pikirkanlah potensi keuntungan yang bisa didapat nantinya.

Baca juga 7 Alasan Membeli Nama Domain Untuk Blogging

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *