Lebih Dalam Mengenai E-Commerce

Sebelumnya sudah pernah dibahas singkat tentang apa itu e-commerce. Sekarang akan dijelaskan di sini lebih dalam tentang macam-macam e-commerce. Seperti diketahui, e-commerce adalah perdagangan yang melibatkan perangkat elektronik, televisi, internet, telepon, dll. Pembayarannya pun melalui transfer dana elektronik seperti transfer lewat ATM, internet banking, OVO, dsb.

Konsep bisnis e-commerce inilah yang sekarang ini banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memperluas perdagangannya lebih dari lingkungan daerah sekitarnya. E-commerce juga dapat membuat perusahaan-perusahaan besar mendominasi pasar hingga mancanegara. E-commerce sendiri terbagi menjadi beberapa jenis,

Business to Business / B2B E-Commerce

E-commerce jenis ini biasanya sering dilakukan antara perusahaan produsen yang sama-sama memiliki kepentingan bisnis. Tidak jarang mereka juga saling berlangganan. Misalnya perusahaan A membuat kue, dan mereka membeli terigu dari perusahaan B dan mungkin juga gula atau bahan-bahan dasar lainnya dari perusahaan C.

Business to Consumer / B2C E-Commerce

Konsumen melakukan transaksi pembelian secara langsung dari produsen. Transaksi ini sangat populer dikarenakan produsen dapat menjual barang di bawah harga pasar. Contohnya adalah bila anda membeli barang langsung dari website official sebuah produk / brand.

Consumer to Consumer / C2C E-Commerce

Jenis e-commerce ini sangat banyak dilakukan, anda mungkin lebih sering mendengarnya dengan istilah marketplace. Transaksi jenis ini dilakukan antara kedua konsumen dan terdapat perantara untuk menengahi transaksi tersebut. Karena jika anda menjual barang di marketplace seperti tokopedia atau shopee, anda juga boleh dibilang sebagai konsumen dari marketplace tersebut. Dikarenakan anda sebagai penjual akan membayar biaya dengan jumlah tertentu untuk tiap transaksinya.

Consumer to Business / C2B E-Commerce

Di sini adalah kebalikan dari B2C, yang di mana konsumen menawarkan atau menjual barang atau jasa kepada perusahaan pelaku bisnis yang membutuhkan. Contoh mudahnya yang sekarang ini banyak sekali dilakukan adalah review barang-barang elektronik misalnya smartphone. Reviewer bisa saja membeli smartphone dari toko official dan membuat video / artikel review yang pastinya akan menguntungkan bagi produsen smartphone tersebut. Walaupun bisa saja terdapat perjanjian antara reviewer dan produsen, seperti NDA (Non Disclosure Agreement) atau produk review yang diberikan secara gratis / dipinjamkan.

Business to Government / B2G E-Commerce

Pada konsep ini company-company akan menawarkan jasa atau produk mereka untuk kebutuhan negara atau pemerintah. Misalnya tender yang dilakukan oleh suatu lembaga pemerintah demi memenuhi kebutuhan atau kelangsungan pemerintahan.


Komponen Penting E-Commerce

Adapun e-commerce membutuhkan beberapa komponen penting supaya keberlansungan kegiatan transaksi dapat berjalan lancar.

Produk yang ditawarkan

Tentunya tanpa produk anda tidak akan bisa melakukan kegiatan transaksi. Produk yang ditawarkan bisa berbentuk digital seperti buku elektronik (e-book), membership premium, download software / musik. Dan tentu produk fisik seperti pakaian dan gadget. Dan tidak menutup juga jasa-jasa, seperti jasa desain atau jasa pembuatan website yang bisa anda temui di fiverr.

Tempat pemasaran

Produk bisa ditawarkan baik di marketplace seperti shopee atau website yang dibuat secara khusus untuk menawarkan produk dari perusahaan tertentu.

Metode pembicaraan dengan konsumen

Tentunya konsumen mau bertanya-tanya dulu mengenai barang-barang yang mau dibelinya. Untuk marketplace online biasanya sudah tersedia messenger yang dapat digunakan, atau bagi website-website official mereka bisa saja menggunakan fitur whatsapp, e-mail, atau bahkan SMS dan telepon.

Metode pembayaran

Cara pembayaran yang paling umum adalah transfer rekening, baik melalui ATM atau internet banking. Tidak lazim juga pembayaran dengan kartu kredit baik secara langsung atau melalui perantara seperti paypal. Pembayaran dengan OVO pun sudah banyak dilakukan.

Metode pengiriman produk

Pengiriman produk tentunya sudah tidak aneh lagi, untuk barang-barang fisik bisa menggunakan JNE, TIKI, SiCepat, GOJEK, Grab, dll. Untuk produk digital kita cukup mendownload dari link atau tautan yang disediakan. Untuk produk seperti jasa desain, biasanya produk hasil jadinya akan dikirimkan ke e-mail pembeli.

Customer service

Layanan pelanggan adalah hal yang harus anda di setiap perdagangan baik online maupun offline. Layaknya di toko atau outlet anda bisa bertanya kepada penjaga toko, di online shop atau marketplace pun anda bisa bertanya dulu sebelum membeli atau mengkomplain barang yang sudah dibeli. Biasanya dilakukan melalui e-mail, atau di marketplace pembeli bisa langsung saja chat untuk bertanya kepada penjual atau langsung ke pihak marketplace.

Berikut adalah inti dari e-commerce, semoga artikel ini dapat membantu. Baca juga tentang e-commerce lainnya E-Commerce – angindewa.com.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *