Cara buka toko di tokopedia dengan android

Sebelumnya sudah dibahas tentang belanja di tokopedia dan jualan di tokopedia. Sekarang akan dibahas tentang cara buka toko di tokopedia dengan aplikasi android. Mari simak info-info di bawah ini.

Memulai Jualan Online di Tokopedia

Apa saja yang dibutuhkan? Gampang engga sih? Untuk menjadi seller di Tokopedia caranya cukup mudah, yang anda butuhkan pertama pastinya adalah barang yang mau dijual, lalu kedua penting adalah alat untuk mengatur penjualan tersebut, anda cukup menggunakan smartphone saja, tidak perlu yang mahal-mahal ataupun sampai komputer atau laptop. Tentu laptop atau komputer akan dapat membantu, tetapi itu tergantung calon seller masing-masing nantinya.

Langkah untuk set up toko di Tokopedia anda adalah dengan mendownload aplikasi Tokopedia Seller di smartphone anda, dan mungkin anda juga ingin mendownload aplikasi Tokopedia yang biasa untuk anda mengecek toko-toko lain dan mungkin untuk mengecek toko anda sendiri atau mungkin anda mau pakai juga untuk belanja. Jadi cukup hanya dengan smartphone saja anda punya sudah dapat memulai buka toko di Tokopedia.

Bedanya aplikasi Tokopedia biasa dan Tokopedia Seller?

Aplikasi Tokopedia Seller, sesuai namanya adalah aplikasi khusus bagi seller-seller yang berjualan di Tokopedia untuk mengatur tokonya, seperti mengatur foto produk, mengatur ketersediaan stok dan harga produk anda. Selain itu juga statistik penjualan anda, misalnya hari ini atau minggu kemarin berapa barang yang terjual dan berapa keuntungan yang telah didapat pada beberapa periode tertentu.

Singkatnya aplikasi Tokopedia Seller ini adalah aplikasi untuk membantu para seller Tokped untuk lebih mudah berjualan dan mengatur tokonya. Lalu mungkin yang juga anda ingin tahu, berapa harga atau ongkos buka toko di Tokopedia? Jawabannya gratis, yap gratis.

Tetapi Tokopedia akan memotong saldo yang akan anda dapatkan untuk setiap transaksi berhasil, jadi intinya anda baru akan ditagih kalau barang anda berhasil terjual. Berapa tagihannya? Tidak mahal kok hanya 1000 rupiah per transaksi. Jadi misalnya anda berhasil menjual barang seharga 100.000 rupiah, maka yang anda dapatkan adalah 99.000 rupiah anggap saja 1.000 rupiah tersebut adalah ongkos penengah.

Jadi bagaimana? Tidak rugi-rugi amat kan jualan online di Tokopedia? Kalau anda memang berminat berjualan online tunggu apalagi, langsung aja setup toko anda sekarang di Tokopedia.

apps_tokopedia_seller
image by tokopedia

Langkah buka toko di marketplace tokopedia dengan android

Download aplikasi Tokopedia Seller


tokopedia seller android

Aplikasi Tokopedia Seller adalah apps khusus agar para seller tokped lebih mudah mengatur toko dan produknya. Anda mungkin mau menyediakan aplikasi Tokopedia yang biasa untuk membantu proses jualan, mengecek harga saingan misalnya.

Buka appsnya dan daftar akun

Daftar akun agar anda bisa mulai buka toko dan menjual barang. Semisalnya anda sudah pernah pakai aplikasi Tokopedia dan punya id, Tokped Seller akan mendeteksi secara otomatis dan anda bisa login dengan id Tokped anda.

Namakan toko anda


nama toko

Beri nama yang bagus pada toko anda, nama domain adalah link toko anda nantinya. Hati-hati dalam penamaan karena nama toko dan link anda hanya bisa diubah sekali saja.

Atur alamat pengiriman


aplikasi tokopedia seller setting
setting jualan tokopedia

Di menu lainnya dan pengaturan atau setting, atur layanan kurir pengiriman barang. Di sana anda akann menginput lokasi toko dan lokasi pickup barang anda. Jangan lupa untuk mencentang jasa-jasa kurir yang mau anda sediakan untuk mengirim barang.

Atur produk-produk anda


produk tokopedia

Masukkan produk yang mau anda jualkan. Foto, jumlah stok dan harganya. Jangan lupa deskripsi sejelas-jelasnya agar calon pembeli lebih paham terhadap produk anda. Jangan lupa untuk update stok barang secara berkala, karena bila stok menyentuh angka 0 akan otomatis nonaktif. Untuk penamaan produk sebaiknya dipikirkan secara matang, dikarenakan barang yang sudah pernah terjual tidak akan bisa diubah namanya.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka toko anda akan aktif dan mulai bisa dicari oleh calon pembeli. Anda tinggal menunggu datangnya orderan atau chat masuk dari calon pembeli.

Catatan lain yang mungkin akan berguna, chat di Tokopedia Seller dan Tokopedia menyambung. Jadi apabila ada pertanyaan dari calon pembeli anda bisa membalasnya dari salah aplikasi yang mana saja.

Demikian cara mudah buka toko di marketplace Tokopedia, anda bisa dengan mudah menjadi seller hanya dalam hitungan menit saja.

Cara Memproses Order Tokopedia

Anda sudah berhasil membuka toko di Tokopedia? Maka langkah selanjutnya tentu adalah memproses order pembelian dari pembeli. Seperti diberitahukan sebelumnya di Langkah buka toko di tokopedia dengan android, kalau mengurus toko anda di tokopedia cukup hanya dengan smartphone saja, tapi tentunya komputer / laptop akan sangat membantu. Kalau anda baru pertama kali membuka toko dan ingin tahu cara kerja proses order dari pembeli, anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Balas chat dari pembeli

Sebagian besar pembeli akan bertanya dulu sebelum melakukan order, semakin cepat anda membalas chat tersebut, semakin besar kemungkinan pembeli akan membeli dari toko anda. Untuk membalas chat dengan cepat, ada baiknya menggunakan smartphone yang dinyalakan suara notifikasinya ketika datang chat dari pembeli. Anda bisa membalas chat dari pembeli melalui Tokopedia Seller atau Tokopedia biasa, ataupun lewat komputer karena sama-sama menyambung.

Terima pesanan dari pembeli

Kalau pembeli sudah mengorder dan selesai melakukan pembayaran, notifikasi akan muncul dan di kolom penjualan akan terdapat orderan yang bisa anda terima. Segera terima pesanan dan mulai melakukan packing atau persiapan barang untuk segera dikirimkan ke pembeli.

Request pickup

Setelah barang siap di antar, invoice atau surat jalan disiapkan dan alamat pengiriman sudah jelas, anda bisa langsung request pickup. Nantinya jasa kurir yang telah dipilih oleh pembeli akan datang ke toko anda untuk mengambil barang tersebut.

Menunggu kurir datang

Untuk kurir SiCepat, biasanya akan datang pagi hari bila anda request pickup kemarinnya atau malam hari, jika tidak biasanya kurir akan datang pada siang / sore hari. Untuk GRAB / GOJEK INSTANT / SAMEDAY tidak terlalu bisa ditebak, kalau dekat biasanya mereka akan cepat datang, kalau jauh ada baiknya anda request pada pagi hari supaya lebih cepat. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran dan berat barang anda, kalau terlalu besar atau terlalu berat kurir bisa saja menolak. Jadi anda sebaiknya tidak memalsukan berat atau ukuran barang anda di deskripsi produk.

Tips untuk anda yang mendapat pesanan lebih dari 1 dengan kurir SiCepat, anda bisa langsung menyerahkan semuanya ke kurir yang datang, meskipun kurirnya hanya bilang mau ambil 1 barang saja. Dengan catatan nomor resi atau nomor order dari tokopedia ditulis dengan jelas agar tidak terjadi kekeliruan.

Dan catatan terakhir, bila barang yang anda kirimkan termasuk benda yang mudah hancur, jangan ragu untuk memberi catatan di barang anda misalnya ‘FRAGILE’ atau ‘JANGAN DIBANTING’. Karena meskipun anda telah mengirimkan barang dengan sempurna, tetapi kurir ceroboh atau lalai dan barang cacat saat diterima pembeli, anda lah yang akan ditanyakan oleh pembeli meskipun anda tidak tahu apa-apa. Maka ada baiknya untuk mengurangi resiko ini sekecil apapun.

Menunggu barang terkirim

Setelah barang diambil oleh kurir, anda belum bisa bersantai dulu. Anda masih harus memantau apakah barang telah diterima oleh pembeli. Mengapa demikian? Karena pastinya anda ingin reputasi bagus dari pembeli supaya memudahkan anda mendapat calon pembeli berikutnya. Kalau pembeli tidak memberikan ulasan atau reputasi, anda bisa mengirimkan pengingat ulasan kepada pembeli. Selain itu siapa tahu pembeli akan mengkomplain barang anda. Anda mungkin harus segera membela diri anda apabila memang tidak salah.

Apabila tidak ada kendala, setelah pembeli menyatakan bahwa transaksi selesai maka uang hasil penjualan tersebut akan segera masuk ke saldo Tokped Seller anda. Anda bisa mengeceknya di kolom lainnya bagian Saldo. Saldo ini juga bisa ditarik / ditransferkan ke rekening anda dengan mengklik Saldo tersebut dan pilih Tarik Saldo lalu setelah itu masukkan rekening bank anda.

Jadi itulah dia langkah-langkah memproses order penjualan tokopedia. Sebetulnya tidaklah sulit untuk mengurus toko anda, asalkan anda sigap memperhatikan notifikasi yang datang dari aplikasi Tokopedia Seller tersebut. Dan pastinya berhati-hati dalam mengurus pengiriman barang.

Info tentang Tokopedia lainnya dapat dilihat di belanja barang di tokopedia.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *