Kategori dan Tag WordPress Serta Pengaruhnya Pada SEO

Apakah fungsi kategori dan tag pada wordpress ini? Fungsi utama dari kategori dan tag adalah untuk meningkatkan user experience pengunjung blog anda.

Kategori dan tag adalah fitur dalam wordpress yang berfungsi untuk mengelompokkan konten-konten pada sebuah website atau blog. Dengan menggunakan fitur kategori dan tag, konten sebuah website atau blog wordpress akan menjadi lebih rapi.

Lalu apa pengaruhnya pada SEO? Walaupun fungsi utamanya adalah untuk membuat pengunjung blog anda lebih nyaman, kategori dan tag wordpress ini memiliki manfaat untuk mengembangkan SEO situs anda juga. Manfaat seperti apa? Yuk disimak berbagai informasi di bawah ini.

pengaruh kategori dan tag pada SEO wordpress
image from freepik

Apa itu kategori pada wordpress?

Kategori atau category dalam wordpress adalah fitur untuk mengelompokkan konten atau artikel-artikel pada blog anda. Dengan mengelompokkan beberapa artikel pada beberapa kategori tertentu, pengunjung akan lebih mudah mencari kontenn yang sedang dicarinya.

Misalnya anda memiliki beberapa artikel yang dikelompokkan pada 2 kategori mobil dan motor. Pengunjung yang mencari informasi tentang motor tinggal memilih motor pada menu untuk melihat berbagai artikel dengan topik mobil pada blog anda.

Anda pun dapat menggunakan sub kategori untuk memberi pilihan lebih rinci atau lebih dalam untuk pengunjung. Misalnya di bawah kategori motor terdapat sub kategori suzuki, honda, dan yamaha. Dan di dalam sub kategori pun bisa dimasukkan sub kategori lagi.

Cara membuat kategori di wordpress

Cara termudah membuat kategori untuk konten di wordpress adalah menggunakan menu yang ada pada edit page/post atau ketika menambah post/page baru.

cara membuat kategori di wordpress dari tambah/edit post

Pada halaman edit post, menu untuk menambah kategori akan terletak pada sebelah kanan browser anda. Untuk menambah kategori baru tinggal klik tambah kategori baru atau add new category, lalu tinggal masukkan nama kategori yang mau anda gunakan pada kolom.

Untuk menambah sub kategori, masukkan nama sub kategori pada kolom yang sama lalu pilih kategori induk.

Cara lain untuk menambah kategori adalah dengan menggunakan menu pada dashboard wordpress. Pada menu post pilih kategori atau categories, di sini anda juga bisa mengedit kategori yang sudah ada atau menghapus kategori yang tidak mau anda gunakan.

menambah kategori dari dashboard wordpress

Pada edit kategori anda bisa mengganti nama kategori dan mengganti URL kategori pada kolom slug. Kategori utama juga dapat diubah menjadi sub kategori dengan memasukkan kategori induk atau parent category.

edit deskripsi menu kategori

Di sini anda juga dapat memasukkan deskripsi untuk page kategori. Sama seperti meta description pada page atau post. Deskripsi untuk kategori tidaklah wajib, karena kebanyakan tema wordpress tidak menampilkannya.

Bagaimana kalau tidak mengatur kategori? Secara default wordpress akan menset konten yang sedang anda tulis sebagai uncategorized. Mudahnya anggap saja uncategorized tersebut sebagai kategori, jadi konten uncategorized hanya akan muncul pada page uncategorized dan homepage blog sebagai new post.

Menambah kategori di menu wordpress

Untuk meningkatkan kemudahan navigasi pada situs atau blog anda, tentunya kategori tersebut mau anda letakkan pada tempat yang mudah ditemukan.

Pada menu tampilan atau appearance pada dashboard wordpress, pilih kategori lalu masukkan kategori yang mau anda tampilkan pada menu. Untuk membuat sub kategori, klik dan geser kategori yang mau dijadikan sub kategori.

cara menambahkan menu pada wordpress

Setelah mengatur kategori-kategori yang mau ditampilkan, jangan lupa untuk memilih letak menu kategori tersebut. Letak-letak menu akan berbeda untuk setiap tema wordpress, beberapa pilihan mungkin tidak akan memunculkan menu.

lokasi menu wordpress

Bila anda tidak berminat untuk meletakkan kategori pada menu, mungkin anda mau meletakkannya pada widget. Pada pilihan widget anda bisa pilih kategori atau categories dan pilih letak widget yang mau digunakan.

Tag dalam wordpress

Tag sama-sama berfungsi untuk memilah konten-konten pada blog anda. Cara kerja tag berbeda dengan kategori yang mau anda tampilkan pada menu, tag akan memberi tahukan pada pembaca garis besar sebuah konten atau artikel.

Anggaplah tag sebagai keyword artikel pada blog anda.

Cara untuk menambahkan tag pada wordpress sama seperti kategori, pada pilihan edit atau tambah post, terletak di sebelah kanan dan di bawah bagian kategori. Untuk menambahkan lebih dari satu tag secara sekaligus, gunakan tanda koma setelah memasukkan kata atau kalimat tag yang mau digunakan.

menambah tag di wordpress

Tag dapat berupa kata kunci tentang topik sebuah artikel, bisa satu atau lebih dari satu kata. Sebaiknya menggunakan beberapa tag untuk satu page atau post.

Selain dari menu edit atau tambah post, anda juga dapat membuat tag baru dari menu dashboard -> post -> tag. Sama seperti kategori, anda dapat mengedit nama tag, mengganti slug, dan memberi deskripsi pada tag.

Deskripsi tag pun sama dengan kategori, kebanyakan tema tidak menampilkannya.

Menambah tag pada menu wordpress

Kalau anda ingin menambahkan page untuk menampilkan beberapa konten dengan tag-tag tertentu, anda dapat menambahkannya pada menu.

Dari dashboard pilih menu tampilan atau appearance lalu menu. Kemudian pilih custom links, masukkan URL dari tag yang mau ditambahkan lalu pilih add to menu.

custom links menu untuk tag wordpress

Anda juga dapat menambahkan awan tag atau tag cloud pada widget. Pada menu widget pilih awan tag atau tag cloud, pilih lokasi widget dan pilih taxonomy tags.

Pengaruh kategori dan tag wordpress pada SEO

Setelah mengetahui tentang kategori dan tag lalu apakah pengaruhnya pada SEO sebuah website? Fungsi utama dari kategori dan tag ini adalah untuk meningkatkan navigasi situs anda agar pengunjung lebih mudah mencari konten.

Selain itu google juga lebih menyukai website dengan navigasi yang baik, karena itu akan lebih baik kalau anda menggunakan kategori ini semaksimal mungkin.

Jadi hubungannya di sini adalah pengaturan kategori yang baik -> navigasi website yang baik -> visitor yang tidak bingung -> google yang melihat visitor senang pada website anda.

Penggunaan kategori wordpress yang baik

Gunakan seperlunya

Kategori dapat dianggap sebagai sub niche untuk blog anda. Sebut saja niche blog anda adalah otomotif, maka kategori yang mungkin akan anda gunakan seperti mobil dan motor. Tidak perlu menggunakan kategori yang tidak perlu dan membuat blog anda memiliki terlalu banyak kategori.

Bila memang anda memiliki topik bahasan yang banyak sekali, mungkin anda mau menggunakan sub kategori.

Satu kategori untuk satu post

Walaupun anda bisa saja menggunakan lebih dari satu kategori untuk satu post, gunakanlah hanya satu kategori saja per artikel atau konten.

Jangan menambahkan kategori atau category pada URL

Menggunakan kategori pada URL anda akan membuat URL page anda menjadi lebih panjang dan tidak baik untuk SEO, terlebih lagi bila page tersebut menggunakan sub kategori.

Misalnya saja www.otomotif123.com/motor/yamaha/2019/review-motor-yamaha-baru-2019. Akan lebih baik kalau dibuat menjadi www.otomotif123.com/review-motor-yamaha-baru-2019.

Keduanya memiliki fungsi yang sama dan pembaca pun tidak akan menyukai link URL yang panjang.

Atau anda dapat menggunakan short URL untuk memperpendek URL page.

Penggunaan tag wordpress yang baik

Jangan ditambahkan pada URL yang akan membuat URL panjang

Sama seperti kategori, penggunaan tag pada URL akan membuat URL menjadi lebih panjang.

Gunakan sebanyak mungkin

Tidak seperti kategori yang sebaiknya hanya digunakan satu untuk setiap post, tidak ada batasan seberapa banyak tag yang boleh digunakan. Jadi anda bisa gunakan sesuka anda, tetapi perhatikan jumlahnya jangan sampai membuat pembaca tidak nyaman.

Mengoptimalkan SEO kategori dan tag

Sekarang akhirnya akan dibahas tentang bagaimana cara mengoptimalkan SEO kategori dan tag.

Plugin YOAST SEO akan membantu untuk mengoptimalkan kategori dan tag untuk website anda. Pengaturan untuk kategori dan tag ini akan teratur secara otomatis ketika diinstal.

Tetapi yang perlu anda perhatikan di sini adalah untuk menyembunyikan kategori dan tag dari search engine, supaya search engine tidak melihat konten anda sebagai konten duplikat.

Konten duplikat ini tidak memiliki pengaruh besar pada SEO, tetapi tentunya anda mau meningkatkan SEO website setinggi mungkin.

Lalu apa pengaruh sebenarnya konten duplikat ini? Search engine bisa saja menggunakan hasil crawl dari bot google yang mengcrawl halaman kategori dan tag tersebut. Yang di mana mau dihindari sebisa mungkin, karena untuk meranking pada search engine anda mau bot google melakukan crawl terhadap page yang mau anda ranking.

Bila plugin yoast anda baru pertama kali diinstal pada website atau blog anda, jangan lupa untuk melakukan instalasi configuration wizard pada bagian SEO -> General.

Untuk menyembunyikan kategori dan tag dari search engine, anda dapat menggunakan plugin YOAST SEO. Setelah melakukan instalasi plugin, dari menu dashboard wordpress, pilih SEO lalu search apperance atau tampilan pencarian.

Lalu setelah itu pilih taksonomi. Pilih ‘no’ atau ‘nonaktifkan’ pada tampilkan kategori di hasil pencarian.

setting taxonomies yoast seo

Untuk tag ada di bawah kategori di bagian yang sama, menu setting yang ditampilkan pun akan sama, maka pilihan yang dipilih juga akan sama dengan kategori.

Penutup

Kategori dan tag merupakan salah satu fitur penting pada wordpress yang dapat membantu mengembangkan SEO website anda. Walaupun memang fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan navigasi dan kenyamanan pengunjung, tetapi navigasi website yang baik adalah salah satu faktor mengapa google akan menyukai website anda.

Dan jangan lupa bila pengunjung senang, hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan rank website anda pada search engine.

Lihat 10 plugin wordpress untuk membantu mengoptimalkan SEO website.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *