Internal Linking Salah Satu Strategi SEO Termudah dan Terbaik

Anda ingin tahu salah satu strategi SEO termudah namun memiliki hasil yang sangat baik? Internal linking atau menghubungkan satu page dari situs anda dengan page lainnya dari situs anda yang sama juga.

Internal link juga sudah lama sekali menjadi topik bahasan bagi para pelaku-pelaku SEO, baik itu pemula maupun master. Ada pun beberapa yang menilai internal link sebagai salah satu strategi SEO termudah yang disepelekan oleh beberapa para pengembang website.

Semisal anda pernah membaca artikel-artikel di blog ini pasti anda akan menemui link-link page terkait. Internal linking merupakan salah satu bagian dari teknik on page SEO yang dapat anda kontrol sepenuhnya.

Kegunaan internal link bagi website atau blog

Selain memudahkan visitor situs anda, cara ini juga dapat memudahkan google dan pastinya anda sebagai pemilik website juga.

Meningkatkan user experience visitor anda

Anda bisa meghubungkan page satu ke page lainnya dengan menyisipkan link di anchor text. Dengan begitu anda secara tidak langsung memberitahukan kalau ada artikel terkait atau artikel yang membahas topik tertentu pada blog anda.

Semisalnya anda memiliki artikel tentang tutorial cara memancing, anda bisa memberi tautan internal link menuju artikel lain anda yang membahas tentang rekomendasi alat-alat pancing terbaik.

Dengan begitu visitor yang membaca artikel anda akan dapat melihat kalau situs anda ternyata memiliki artikel lanjutan yang membahas lebih dalam tentang topik terkait.

Jadi internal link ini akan memberi efek baik bagi website atau blog anda karena semakin lama visitor berlama-lama maka indikasi pada search engine khususnya google akan semakin baik juga.

Meningkatkan visibilitas situs atau blog anda di search engine

Dengan menyisipkan internal link maka anda juga memberi tahukan pada google kalau page yang anda tautkan ini merupakan salah satu page yang penting. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan rank page anda dan membantu agar google lebih cepat melakukan indeks terhadap page tersebut.

Sama seperti mempromosikan sebuah barang pada orang lain, ini akan meningkatkan awareness orang-orang terhadap barang yang anda promosikan tersebut.

Meningkatkan nilai SEO website atau blog

Dengan menggunakan internal link, maka user experience dan visibilitas situs anda di search engine akan meningkat. Dengan meningkatnya 2 faktor ini maka secara otomatis nilai SEO situs anda telah meningkat dengan sendirinya.

Seperti yang sudah anda ketahui, salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan peringkat sebuah situs di search engine adalah user experience atau pengalaman pengguna yang baik. Bila visitor betah berlama-lama di situs anda maka google akan menganggap kalau situs anda adalah situs yang menarik.

Dan tentunya agar situs anda bisa menduduki peringkat di search engine maka sebuah page pada situs anda harus sudah terindeks.

Beberapa hal yang mau anda perhatikan dalam internal linking

Sekarang anda mengetahui tentang efek baik dari internal link, tetapi tetap akan ada beberapa hal yang mungkin mau anda perhatikan sebelum anda aplikasikan di situs anda.

Cara penggunaan internal link

Anda dapat menyisipkan tautan page terkait pada teks di badan artikel anda, atau lebih dikenal dengan anchor text. Anda mungkin sering melihat teks dengan warna berbeda di badan artikel yang dapat diklik dan akan membuka page baru.

Atau anda juga bisa memberikan tautan di bawah sebuah paragraf. Anda juga mungkin sering melihat kata-kata seperti “baca juga artikel terkait ….” yang mungkin sering ada di situs-situs berita.

tips menyisipkan internal link pada posting
contoh penggunaan pada artikel

Ada juga cara-cara lain seperti internal link tersebut dijadikan sebuah kutipan. Semua cara tersebut sebetulnya sama saja, selama memberikan tautan menuju sebuah page di situs yang sama maka itu akan dianggap sebagai internal link.

Lalu cara apapun yang anda pilih untuk meletakkan internal link pada page, akan sangat disarankan untuk membuat link tersebut terbuka pada new tab bila diklik. Apabila anda pengguna wordpress maka caranya ada pada ketika anda menaruh URL pada text.

cara set open in new tab anchor text wordpress
manfaatkan fitur open in new tab

Gunakan sewajarnya, hanya hubungkan page yang berhubungan saja

Mungkin setelah anda mengetahui efek-efek baik untuk situs anda, jadinya sekarang anda mau menaruh internal link yang banyak sekali pada sebuah page. Tetapi tunggu dulu, internal link tersebut malah bisa saja membuat page anda menjadi jelek.

Jelek mengapa? Mungkin saja akan ada pembaca yang jadi kurang suka pada page anda karena internal link yang banyak.

Tetapi ada satu hal lagi yang penting, ada komentar dari pakar SEO yang menyatakan kalau penggunaan yang terlalu banyak malah bisa menurunkan nilai page anda di mata google.

Jadi kalau begitu berapa internal link yang sebaiknya digunakan? Sayangnya tidak diberikan angka pastinya, ada yang berkata 20, ada juga yang bilang 30. Sayangnya tidak akan ada yang tahu angka tepatnya berapa, oleh karena itu hanya hubungkan page yang memiliki topik berhubungan saja.

Bila anda ingin melihat berapa jumlah internal link yang terdapat pada sebuah post, anda bisa menggunakan plugin YOAST SEO. Dengan plugin tersebut anda dapat melihat jumlah link yang masuk dan keluar.

cek internal link dengan yoast plugin

Atau bila anda menggunakan SEO tools ahrefs, anda juga bisa melihatnya dengan memilih menu internal backlinks.

cek internal backlinks ahrefs
image from ahrefs

Penutup

Jadi demikianlah sedikit info tentang internal link, salah satu strategi SEO terbaik dan termudah yang sebaiknya anda lakukan untuk website anda. Dengan mengaplikasikan teknik ini, nilai SEO website anda juga akan dapat meningkat.

Semoga informasi yang ada pada page ini dapat membantu anda sekalian, terima kasih.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *