Menggunakan Statis Page Untuk Homepage Website

Homepage adalah page yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung website, oleh karena itulah homepage merupakan salah satu page terpenting pada website anda.

Homepage atau halaman beranda home dapat berupa halaman simpel yang dapat menarik perhatian visitor untuk melihat lebih dalam lagi tentang perusahaan atau produk anda. Sangat penting khususnya bagi homepage website sebuah company untuk dapat mewakili sebuah company atau produknya.

menggunakan statik page untuk homepage website
image from freepik

Manfaat homepage statis

Dengan homepage statis atau beranda yang tetap, anda dapat menentukan konten-konten yang dapat menarik visitor untuk menelusuri website anda lebih dalam lagi. Misalnya anda mau menampilkan produk-produk unggulan atau memasang banner promo diskon.

Berikut adalah contoh random yang saya ambil dari internet. Pada homepage woodlandworldwide ini dapat dilihat kalau website company atau produk ini menawarkan diskon sebesar 40% yang akan dapat menarik perhatian visitornya.

homepage statis website wordpress
image from woodland.com

Atau pada contoh kedua wordpress.com yang memberitahukan kalau anda sebagai visitor dapat segera membuat website dengan gratis dan dibantu dengan tim pelayanan terbaik.

halaman beranda statis wordpress
image from wordpress.com

Haruskah menggunakan homepage statis?

Apakah website anda adalah sebuah website untuk sebuah perusahaan atau produk-produk tertentu? Apakah website anda tidak menggunakan blog atau konten blog pada situs anda bukanlah fokus utama pada website? Bisa saya katakan kalau sebaiknya anda menggunakan homepage statis.

Lalu apakah blog anda dapat menggunakan halaman beranda statis? Tentu saja bisa, blog anda tidak akan kenapa-kenapa hanya karena menggunakan beranda statis, postingan blog anda hanya akan dipindahkan ke halaman yang akan anda tentukan nantinya.

Cara membuat homepage statis pada wordpress

WordPress secara default akan mengeset homepage website anda untuk menampilkan post berurutan dari yang terbaru hingga yang terlama. Dengan begitu homepage website akan selalu berubah seiring anda melakukan update post.

Untuk membuat halaman statis pada wordpress anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Membuat page baru

Langkah pertama pastinya anda harus membuat page baru yang akan anda gunakan sebagai beranda terlebih dulu.

Pada dashboard wordpress, pilih menu page atau laman lalu tambah baru.

new page wordpress dashboard

Setelah itu isikan artikel atau tulisan pengenalan atau promosi serta gambar-gambar yang mau ditampilkan untuk visitor anda. Anda bisa beri judul Home atau Beranda dsb.

new wordpress page

Setelah selesai menambahkan konten dan gambar anda bisa langsung publish atau terbitkan.

Setting homepage statis

Setelah diterbitkan, maka page yang baru anda buat akan siap untuk ditampilkan pada homepage website anda.

Ada 2 cara yang dapat anda gunakan untuk setting homepage statis pada website anda, yang pertama adalah dari menu setting/pengaturan lalu pilih reading/membaca.

setting statik homepage

Secara default opsi yang terpilih adalah halaman posting anda, ubahlah menjadi halaman statis dan di kolom beranda pilihlah page Home yang baru saja anda buat tersebut.

Bila website anda akan menggunakan blog, maka anda perlu membuat page baru yang berjudul blog. Untuk konten page blog ini dapat anda kosongkah saja, jadi hanya beri judul dan langsung terbitkan. Lalu pada menu setting tadi pilih blog pada kolom halaman posting.

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk membuat halaman statis adalah dari menu tampilan atau appearance lalu pilih sesuaikan atau customize.

Lalu setelah itu pilih pengaturan beranda dan pilih page home pada kolom.

Pada menu customize apperance ini anda juga dapat mengatur tampilan situs anda dan mendapat preview tampilan sebelum dipublish dan perubahan tersebut diberlakukan.

Anda dapat mengubah warna-warna yang digunakan pada situs anda, menggunakan gambar latar belakang, menambahkan logo pada identitas situs, dan sebagainya.

Kalau anda tidak ingin menggunakan halaman blog, anda juga bisa menggunakan homepage tetapi postingan blog akan tetap terbagi pada menu kategori seperti blog-blog pada umumnya.

Bagaimana caranya? Sebelumnya pastikan dulu kalau semua halaman posting anda sudah menggunakan kategori.

Setelah memastikan kalau seluruh post anda sudah memiliki kategori maka anda hanya perlu pergi ke menu tampilan lalu pilih menu. Dan pada menu anda tinggal memasukkan kategori-kategori tersebut pada struktur menu.

Dengan begitu pada menu navigasi website anda akan terdapat pilihan Home serta kategori-kategori post blog anda.

Penutup

Homepage yang dibuat dengan baik akan memberi gambaran yang jelas bagi pengunjung website anda tentang apakah isi dari website anda.

Seperti bila anda menampilkan produk-produk unggulan, misalnya sepatu maka visitor tentu akan mengetahui kalau website anda menjual sepatu, maka visitor yang sedang mencari sepatu akan menelusuri lebih dalam untuk melihat-lihat produk anda.

Homepage statis ini akan sangat cocok digunakan oleh situs-situs perusahaan yang memiliki bisnis dan berjualan produk atau jasa, sebagai portal perkenalan perusahaannya yang nantinya dapat diakses oleh calon klien.

Lalu apakah blogger sebaiknya menggunakan halaman statis? Kebanyakan blogger akan membuat homepage blognya secara default, karena mereka mau para visitor melihat tentang konten yang baru atau populer dari blog mereka.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *