Hindari Kanibalisasi Keyword dan Kenali Pengaruhnya Pada SEO

Kanibalisasi keyword atau keyword cannibalization memiliki pengaruh buruk pada SEO website. Apakah website anda kesulitan unduk mendapati posisi tinggi pada search engine? Ataukah tiba-tiba page anda mengalami penurunan peringkat? Mungkin saja situs anda sedang terkena pengaruh kanibalisasi keyword ini.

Pengaruh kanibalisasi keyword disebabkan karena suatu website atau blog memiliki 2 konten atau lebih yang memiliki fokus keyword yang sama. Ini akan menyebabkan bot google bingung untuk menentukan konten mana yang harus diranking pada search engine.

Kalau situs atau blog anda mengalami penurunan rank pada search engine, mungkin saja sedang terjadi kanibalisasi keyword.

Pengaruh kanibalisasi keyword pada website

Sebut saja sebuah blog memiliki 3 page artikel dengan keyword yang sama, maka 3 page tersebut akan saling bersaing untuk meranking pada penelusuran dengan keyword yang sama. Bot google yang melihat 3 konten ini akan bingung konten mana yang lebih penting dan pada akhirnya tidak akan memberi rank tinggi pada keyword yang diincar pada 3 page tersebut.

Hal ini tentunya akan merusak optimasi SEO website atau blog yang pada akhirnya menyebabkan penurunan visitor yang signifikan. Karena itu kanibalisasi keyword ini harus dihindari sedari awal.

Penyebab kanibalisasi keyword

Membuat banyak konten dengan target keyword yang sama

Banyak blogger dan penulis konten yang membuat banyak artikel dengan target keyword yang sama pada blog mereka. Mereka berharap salah satu konten tersebut akan meranking pada search engine. Sayangnya hal ini adalah praktek lama yang sudah usang seiring perkembangan bot dan algoritma search engine yang semakin pintar.

Menggunakan anchor text yang sama

Salah satu penyebab yang umum dilakukan. Para blogger menggunakan anchor text yang sama untuk melink dua atau lebih page yang sama. Hal ini juga akan membingungkan bot search engine untuk mengetahui tentang apakah topik page yang ditautkan.

Anchor text internal link dan outbound link dari website luar mempengaruhi hal ini.

Tips untuk menghindari kanibalisasi keyword

Seringkali kanibalisasi keyword ini tidak disengaja, entah mungkin seorang penulis tidak ingat dengan konten yang telah diterbitkan sebelumnya dan membuat konten serupa dengan target keyword yang sama. Ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa hal mudah berikut.

Membuat list keyword dan konten

Anda bisa membuat list keyword yang sudah digunakan dan URL page yang menargetkan keyword tersebut. Dengan begitu setidaknya anda dapat mengurangi kemungkinan penargetan keyword yang sama ketika membuat konten baru.

keyword kanibalisasi

Anda dapat menggunakan excel untuk membuat list sederhana untuk keyword dan konten blog.

Melakukan audit blog atau konten

Dengan melakukan audit pada konten anda sesering mungkin, maka akan semakin tinggi kemungkinan anda untuk menemukan kejanggalan pada konten artikel. Anda dapat melakukan audit dengan membaca ulang konten yang sudah diterbitkan dan tentunya memperbaiki on page SEO untuk tiap konten.

Selain artikel yang telah ditulis, anda juga harus memperhatikan meta title dan meta description untuk tiap page. Bila perlu mungkin anda juga harus menghapus beberapa kata kunci untuk menghindari kanibalisasi keyword ini.

Selain memperhatikan kata-kata pada konten yang sudah terbit, anda juga harus memperhatikan anchor text yang digunakan untuk internal link.

Seperti disebutkan di atas, seringkali blogger menautkan dua atau lebih page dengan menggunakan anchor text yang sama. Melakukan update internal link mungkin saja akan memakan waktu yang sangat lama, karena anda harus mengecek semua internal link dari semua page atau post yang sudah terbit.

Menghapus konten

Cara yang mungkin mau anda hindari, tetapi mungkin cara tercepat untuk memperbaiki kanibalisasi konten. Anda dapat menghapus satu page yang mungkin saja memiliki informasi yang lebih sedikit daripada page lainnya.

Setelah menghapus konten tersebut anda dapat merequest penghapusan URL dari google search console, untuk memberitahukan kalau page tersebut sudah tidak ada dan bot google dapat lebih fokus pada page lainnya dengan keyword yang sama.

Pilihan lainnya adalah melakukan redirect 301 dari page yang baru saja anda delete menuju page dengan konten yang lebih baik.

Atau sebelum menghapus konten tersebut anda dapat mengcopy terlebih dulu artikelnya. Setelah menghapus page tersebut anda dapat menunggu beberapa lama dan menggunakan artikel tersebut sebagai guest post dan mendapat backlink untuk situs blog anda.

Menggabungkan konten

Kalau anda tidak ingin menghapus konten, anda dapat menggabungkan dua atau lebih konten artikel yang memiliki target keyword serupa. Dengan begitu anda akan memiliki satu artikel kuat dengan jumlah kata atau informasi yang panjang.

Tetapi hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan penggabungan konten tentunya adalah keterbacaannya. Bisa saja konten panjang tersebut malah membingungkan untuk dibaca setelah digabungkan. Mungkin saja anda harus melakukan penulisan ulang.

Perhatikan juga page mana yang mau dihapus, mungkin anda mau menghapus page dengan jumlah trafik visitor yang lebih sedikit dan melakukan redirect kepada page dengan jumlah trafik yang lebih banyak.

Setelah mendelete page jangan lupa untuk meredirect 301 menuju page satunya untuk mengarahkan visitor kepada page satunya.

Dan terakhir jangan lupa untuk mengupdate internal link.

Menggunakan SEO tool

Anda juga dapat menggunakan SEO tool untuk menemukan page-page yang mencoba untuk mendapatkan ranking pada keyword yang sama. Tool seperti semrush dan ahref dapat anda gunakan untuk mengecek kanibalisasi keyword.

Tetapi anda juga dapat menggunakan tool dari google yaitu search console. Dengan memilih kinerja dan mengklik kueri untuk menemukan page yang meranking untuk kata kunci yang sama. Cara ini mungkin akan memakan waktu, selain karena data dari google search console tidak up to date (telat 2 hari), kalau sebuah situs memiliki ratusan hingga ribuan kueri mungkin akan sedikit repot untuk mengecek semuanya. Untuk melakukan  pengecekan lebih mudah anda bisa mendownload data excel dengan memilih ekspor pada kanan atas.

cek kanibalisasi keyword

Penutup

Untuk menghindari kanibalisasi keyword terjadi pada blog anda, akan lebih baik untuk memperhatikan konten-konten yang mau digunakan ke depannya. Langkah-langkah mudah seperti membuat list keyword pada excel dan melakukan audit konten secara berkala akan mengurangi kemungkinan kanibalisasi keywod terjadi pada blog anda.

Penggunaan tool premium seperti semrush dan ahref akan dapat membantu anda melakukan audit pada situs anda secara keseluruhan. Dan anda juga bisa menggunakan jasa audit freelancer SEO dari fiverr.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *