Cara Menggunakan Plugin All in one SEO

All in one SEO atau AIOSEO adalah salah satu plugin SEO WordPress yang banyak digunakan. Plugin ini biasa disejajarkan dengan plugin YOAST yang juga merupakan plugin SEO pada wordpress dan sama-sama populer.

Kedua plugin ini dapat membantu anda untuk melakukan optimasi SEO pada website atau blog wordpress agar lebih mudah mendapat peringkat pada search engine.

Baik plugin YOAST maupun All in one SEO keduanya sama-sama memiliki versi berbayar dan gratis. Untungnya versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk membantu anda mengoptimasikan SEO blog anda.

Bila anda pemula mungkin akan sedikit kesulitan melakukan konfigurasi atau setting awal plugin AIOSEO ini. Anda dapat menyimak info-info yang saya sajikan berikut ini untuk setting awal plugin All in one SEO.

Mana yang lebih baik, All in One SEO atau YOAST?

Kedua plugin ini sama baiknya, memiliki fitur yang kurang lebih sama. Saya sendiri adalah pengguna YOAST, tetapi saya bisa bilang kalau plugin AIOSEO tidak kalah bagusnya. Bila anda lebih memilih untuk menggunakan AIOSEO, tenang saja anda tidak salah pilih, ini hanya menyangkut selera saja.

Apakah bagus bila menggunakan kedua plugin tersebut secara bersamaan?

Tidak, pilih salah satu saja. Keduanya memberikan fitur yang kurang lebih sama persis.

Cara setup instalasi awal All in one SEO wordpress

Yang pertama tentunya anda harus menginstal plugin All in One SEO terlebih dulu. Dari menu dashboard -> plugin -> add new (tambah baru), lalu melakukan pencarian All in One SEO di kolom pencarian plugin.

menginstal plugin all in one seo

Pilih instal dan aktifkan. Lalu anda akan secara otomatis pindah ke halaman setup wizard All in One SEO. Pilihlah Let’s Get Started.

Bila anda sebelumnya menggunakan YOAST SEO, anda bisa mengimport data dari plugin tersebut untuk setup awal plugin AIOSEO ini.

Setup 1

Pertama anda akan diminta untuk menentukan jenis website anda, ada beberapa pilihan yaitu blog, toko online, korporat, portfolio, channel berita, dan bisnis kecil. Atau bila website anda tidak termasuk ke dalam 6 kategori tersebut anda bisa memasukkan sendiri jenis situs anda pada bagian Other.

setup plugin all in one seo

Setelah itu terdapat Home Page Title. Ini adalah judul situs anda yang nantinya akan muncul pada hasil penelusuran search engine. Ini juga bisa disebut sebagai SEO title.

Lalu Meta Description yang juga akan muncul pada hasil penelusuran search engine. Pastikan anda menggunakan title dan deskripsi yang tepat untuk situs anda, lalu jangan lupa untuk juga menyisipkan keyword utama.

Setup 2

Setelah itu anda akan memasukkan informasi lanjutan, apakah situs anda adalah perorangan atau milik organisasi atau perusahaan. Pilih user pemilik website dan upload gambar profile untuk sosial media anda. Lalu link page facebook, twitter, dan instagram anda.

Setup 3

Pada bagian ini anda akan diminta untuk mengaktifkan fitur SEO yang mau anda gunakan seperti sitemap, optimasi tampilan pencarian, analytics, dsb.

Sangat disarankan untuk mengaktifkan sitemap dan optimized search appearance.

Setup 4

Pada bagian ini akan ditampilkan seperti apa tampilan yang akan terlihat ketika home page anda muncul pada hasil penelusuran search engine. Lalu ada pilihan apakah website anda masih dalam proses pembuatan atau sudah siap untuk live dan diindeks oleh google. Untuk setting lainnya anda bisa mengikuti gambar di bawah.

snippet preview all in one SEO

Setup 5

Pada bagian ini anda hanya diminta untuk memasukkan alamat email pemilik website. Anda juga bisa memilih YES untuk membantu AIOSEO dengan data-data dari website anda.

Setup 6

Tidak ada yang perlu anda lakukan di sini, anda bisa langsung skip bila hanya menggunakan versi gratis. Bila anda menggunakan versi berbayar, anda bisa pilih upgrade atau memasukan kode lisensi anda.

Optimasi page dan post dengan All in One SEO

Pengoptimalan SEO setiap page dan posting pada situs atau blog anda merupakan hal yang harus dilakukan setelah anda selesai menulis konten baru. Tahapan ini akan membantu page anda untuk lebih mudah mendapat rank pada mesin pencarian.

Anda bisa mengatur setting optimasi All in one SEO pada bagian bawah post atau page. Bagi yang pernah menggunakan YOAST SEO mungkin akan familiar dengan proses ini.

Terdapat snippet preview, atau preview tampilan yang akan muncul nantinya bila page anda muncul di hasil pencarian. Sama seperti YOAST, anda bisa mengubahnya dari bagian post title dan meta description.

Lalu pada bagian berikutnya terdapat focus keyphrase, atau sebut saja sebagai keyword yang mau anda fokuskan untuk meranking sebuah page atau post. Menambahkan focus keyphrase bukan berarti page anda akan langsung meranking untuk keyword tertentu, tetapi AIOSEO akan membantu untuk menganalisa apakah penggunaan keyword sudah benar jumlahnya dan tidak over optimized.

all in one seo focus keyphrase

Menghubungkan search console dengan situs anda menggunakan All in One SEO

Selain membantu untuk mengoptimalkan SEO situs atau blog anda, plugin All in One SEO juga dapat anda gunakan untuk menghubungkan situs anda dengan google search console. Tetapi tidak hanya search console saja, terdapat berbagai layanan seperti bing, yandex, pintereset, dll yang bisa anda hubungkan dengan AIOSEO.

Untuk menghubungkan situs anda dengan search console, pertama anda memerlukan kode tag html dari search console. Login dengan gmail anda, lalu tambah properti lalu copy atau salin bagian ini.

Lalu carilah All in One SEO pada dashboard wordpress anda dan pilih general setting. Lalu paste kode dari search console barusan pada kolom google verification code. Lalu pilih save changes yang ada di kanan bawah lalu kembali ke tab search console dan pilih verifikasi.

all in one seo google verification code

Setelah selesai maka anda telah terdaftar sebagai pemilik resmi dari situs atau blog anda dan anda bisa memantau perkembangan situs anda di google dari search console tersebut.

Untuk memverifikasi layanan-layanan yang tidak terdaftar pada AIOSEO anda bisa menggunakan miscellaneous verification.

Penutup

Jadi demikianlah langkah-langkah untuk setup awal plugin wordpress All in One SEO. Bila anda serius ingin meningkatkan performa website atau blog anda di search engine, akan sangat penting untuk menggunakan plugin ini secara maksimal. Plugin AIOSEO ini akan dapat membantu anda untuk menemukan setting SEO terbaik untuk page dan post situs wordpress anda.

Demikianlah sekilas informasi tentang plugin cara setup awal dan penggunaannya pada page dan postingan wordpress. Semoga informasi ini dapat membantu anda para pembaca, terima kasih.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *