Cara Mulai Membuat Blog

Jadi anda mau mulai blogging? Ingin mulai menjadi blogger? Apapun alasan untuk mulai ngeblog, di sini akan diterangkan langkah-langkah awal untuk mulai ngeblog. Artikel ini akan membahas cara membuat blog, dengan tujuan agar para pembaca semakin mengerti tentang proses pembuatan blog.

cara membuat blog secara online
image from freepik

Tentukan niche

Memilih niche atau topik yang akan anda bahas di blog anda. Untuk memilih topik, ada baiknya kalau memilih sesuatu yang anda tahu benar, sesuatu yang menyenangkan atau yang menarik.

Tahap ini sangatlah penting dalam membuat blog, karena menyangkut pada konten yang akan anda masukkan ke dalam blog nantinya. Dengan memilih topik yang disukai atau dipahami maka anda tidak akan terlalu kesulitan dalam melakukan update konten.

Niche atau topik jugalah yang akan menentukan visitor. Apakah visitor tersebut seorang peminat otomotif atau smartphone, ataukah mereka mencari resep masakan atau mencari info hotel daerah tertentu. Menekuni niche yang sedang banyak diminati oleh masyarakat luas dapat memudahkan untuk mendapatkan banyak visitor.

Selain itu kalau berhasil menjelaskan informasi tertentu dengan baik, visitor akan melihat penulis sebagai seorang yang ahli dan meningkatkan kepercayaan visitor terhadap blog.

Ide-ide yang bisa anda pertimbangkan ketika membuat blog seperti berikut,

  • Tutorial
  • Informasi
  • Resep masakan
  • Travel
  • Fashion
  • Lifestyle
  • Review produk seperti gadget

Memilih platform

Untuk membuat blog yang bagus, pastinya mau menggunakan platform terbaik. Sebagian besar blogger menggunakan wordpress, ada beberapa yang menggunakan blogspot / blogger.com. angindewa.com ini menggunakan platform wordpress. Anda bisa mendesain blog anda dengan beberapa fitur tema yang tersedia di platform wordpress ini.

Platform lain yang dapat anda gunakan, misalnya blogger, platform gratis dari google. Dengan blogger, anda dapat mulai belajar membuat dan mendesain blog sebelum pindah ke platform wordpress. Ada juga medium untuk anda yang mungkin tidak mau pusing dengan desain, hanya tinggal tulis artikel saja.

Bagi yang mau menggunakan blogger terlebih dulu sebelum menggunakan wordpress tidak perlu khawatir, karena nantinya bisa memindahkan konten dari blogger ke wordpress nantinya.

Dengan blogger.com dan wordpress.com anda tidak perlu pusing memikirkan hosting, tinggal langsung daftar dan langsung desain blog anda. Dengan wordpress.org anda harus memikirkan hosting dan membeli nama domain sendiri.

Tentukan nama domain

Anda tentunya harus menetapkan nama blog anda atau mungkin anda lebih suka menyebutnya dengan link web anda nantinya. Pikirkan dengan serius nama domain / link anda, ada baiknya menggunakan nama domain yang mudah dan tidak panjang. Beberapa hal yang mungkin mau anda pertimbangkan sebelum menentukan nama domain anda,

  1. Mudah diingat
  2. Mudah diketik
  3. Tidak terlalu panjang

Contoh nama-nama yang mudah diingat dan diketik seperti gsmarena.com, facebook.com. Gunakanlah nama yang tidak panjang, semakin mudah diingat dan diketik akan semakin baik. Link domain yang panjang akan membuat visitor sulit mengingat, membaca dan malas share ke teman-teman mereka.

Kalau sudah menentukan nama domain, langkah selanjutnya adalah membeli nama domain tersebut. Nama-nama domain tersebut dapat anda beli dari beberapa situs registrar domain berikut,

  1. Godaddy
  2. Namecheap
  3. Bluehost
  4. Namebright

Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah nama domain atau link available atau tidak. Nama blog anda pun bisa diganti nantinya, misalnya dari website123.com menjadi blogabc.com. Tetapi sangat tidak dianjurkan untuk mengganti nama, oleh karena itu pikirkanlah matang-matang sebelum mendaftarkan nama.

Bila anda menggunakan wordpress untuk website atau blog, dapat memindahkan database website atau blog anda. Berhati-hatilah ketika memindahkan agar tidak ada data yang hilang.

Memilih hosting

Kalau anda memutuskan untuk menggunakan wordpress, maka anda harus berlangganan hosting agar blog anda up dan bisa diakses nantinya. Untuk berlangganan hosting tidaklah mahal, harganya mulai dari sekitaran 4$ per bulan. Beberapa hosting untuk blog yang mungkin bisa anda pertimbangkan adalah,

  1. Bluehost
  2. Hawkhost
  3. Hostgator
  4. Namecheap
  5. A2hosting
  6. Kinsta

Set up blog

Setelah anda berlangganan hosting, selanjutnya adalah menginstal wordpress. Caranya mudah dan blog akan bisa langsung aktif hari itu juga. Ada beberapa jasa web hosting yang menawarkan paket khusus wordpress yang langsung terinstal dan bisa langsung ngeblog hari itu juga.

Misalnya dengan wordpress.com yang anda bisa langsung daftar dan tinggal pakai secara gratis. WordPress.com juga menawarkan paket berbayar dengan benefit space memory yang lebih besar dan bisa menggunakan domain sendiri.

Desain blog

Mendesain blog agar pengunjung yang datang nantinya tidak bingung melihat tampilan blog anda. Dengan desain yang baik pengunjung akan lebih betah dan mudah browsing untuk mencari konten yang telah disuguhkan.

Bila menggunakan blogger atau blogspot, salah satu cara untuk membuat blog anda tampil menarik adalah dengan memilih template yang menarik. Dengan memilih template yang tepat blog anda tidak akan tampil seperti blog baru atau pemula.

Untuk wordpress ada banyak tema (theme) wordpress yang bisa anda download dan gunakan dengan gratis, tinggal langsung pilih saja dan bisa langsung membuat tampilan blog seperti website profesional. Atau bisa juga menggunakan theme premium wordpress yang berbayar atau beli, perbedaannya dengan yang gratis pastinya fitur yang lebih banyak. Tapi kalau baru memulai, sebaiknya gunakan yang gratis dulu.

Dan pastinya anda juga bisa membuat blog gratis di blogger.com terlebih dahulu, dengan tujuan mempelajari dan menambah pengalaman blogging. Nantinya anda bisa memindahkan konten yang sudah ada dari blogger ke wordpress kalau memang ingin mengganti platform.

Atau bisa juga memulainya dengan wordpress.com. Dengan begitu anda bisa langsung menggunakan wordpress walaupun dengan keterbatasan, seperti harus menggunakan sub domain wordpress.com.

Mulai menulis

Setelah blog live dan up tentunya harus menulis atau menambahkan konten. Tulislah sesuatu yang anda pahami / senangi, maka tidak akan merasa kesulitan untuk menentukan bahasan setiap kali menulis konten. Kalau anda pemula dan bingung, bisa berlatih dengan sering membaca artikel dengan niche atau topik yang sama dari website yang sudah ada.

Perhatikanlah cara penggunaan bahasa atau kata-kata, jangan sampai membuat visitor tidak menyukai blog anda nantinya. Buatlah artikel atau konten yang berkualitas, yang dapat mengunci mata visitor ke artikel yang telah ditulis. Juga yang harus diperhatikan adalah informasi yang disajikan pada pembaca.

Ada baiknya memposisikan diri sebagai pembaca, melihat sendiri apakah artikel yang telah terbit menarik atau tidak. Jangan lupa untuk selalu membaca ulang artikel yang sudah terbit. Jangan ragu untuk melakukan edit apabila menemukan kesalahan atau mendapat kata-kata yang lebih baik.

Setelah menulis artikel, ada baiknya anda menggunakan tools seperti copyscape untuk mengecek plagiarisme artikel anda. Akan lebih baik untuk memastikan tingkat plagiarisme artikel baru anda sekecil mungkin sebelum diupload dan dipublikasikan.

Tambahkan page penting

Page atau halaman penting seperti, privacy, halaman kontak, tentang penulis, dll yang akan membuat blog tampil lebih legit dan memberi kesan profesional. Atau bisa membuat homepage menjadi halaman statik (bukan list postingan terbaru) dan mengarahkan pembaca ke konten-konten terhangat atau unggulan.

Mungkin bisa juga menambahkan halaman galeri, yang di mana berisikan gambar-gambar. Misalnya blog yang membahas tentang travel, maka bisa saja ditambahkan page yang isinya foto-foto pemandangan. Atau blog otomotif bisa menambahkan galeri mobil atau kendaraan lainnya.

Share blog anda

Cara untuk membuat blog lebih cepat mendapat traffic pengunjung adalah dengan melakukan share artikel-artikel yang telah terbit / live melalui facebook misalnya atau forum-forum terkait. Bisa juga memberitahukan teman-teman anda agar mereka menjadi pembaca pertama dan bisa membantu share juga.

Catatan penting, berhati-hatilah dalam share / penyebaran link, terlebih bila berencana mau monetisasi dengan google adsense. Karena google bisa menganggap link yang sering diklik oleh orang lain dari forum misalnya sebagai spam klik, dan bisa berakibat akun adsense terkena pinalti seperti limit iklan hingga suspend.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *