Belanja Barang di Tokopedia

Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Market online yang sekarang sudah banyak sekali orang-orang yang masang barangnya untuk dijual. Tapi apa sih sebetulnya Tokopedia itu? Bagi yang belum tahu, Tokopedia boleh dibilang sebagai jasa penengah bagi penjual dan pembeli yang berdagang secara online tersebut. Mengapa demikian, karena permasalahan utama di perdagangan online adalah penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, oleh karena itu pembeli akan memberikan uang pembayaran tersebut ke Tokopedia dulu dan setelah barang yang dibeli sampai dan dikonfirmasi sesuai kriteria, maka uang pembayaran barulah diteruskan oleh Tokopedia ke penjual barang tersebut. Simpel dan aman kan?

Ingin memulai buka toko di Tokopedia? Cek di sini Memulai Jualan Online di Tokopedia

Resiko Jajan di Tokopedia

Kalau aman beli barang di Tokopedia, lalu kenapa ada resikonya? Segala sesuatu pasti ada resikonya, tapi jangan berkecil hati dulu, resikonya tidak segawat atau sebesar yang mungkin anda kira. Seperti yang disebutkan di atas tadi, penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung dan barang yang mau ditransaksikan tidak bisa kita lihat secara langsung, tentunya ada beberapa resiko kecil yang harus anda perhatikan,

Salah Pilih Barang

Karena kita hanya bisa melihat barangnya melalui foto yang disediakan seller saja, maka tentu saja kita bisa salah pilih. Tapi hal ini mudah sekali dihindari dengan mudah, anda bisa bertanya dulu kepada sellernya apakah barang ini tipe sekian atau warnanya ini atau bukan. Atau bila anda niat bisa memperhatikan kode produksi, memang lebih ribet tapi kemungkinan salah jelas lebih kecil.

Barang Cacat atau Rusak Saat Diterima

Sepertinya hal ini yang mungkin akan lebih mungkin dialami, resiko ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Barang terbungkus dalam keadaan tertutup, kalau ini kemungkinan besar kesalahan ada pada produsen barang, karena barang tertutup dan seller tidak ingin merusak packaging maka barang di dalamnya tidak dicek dulu sebelum dikirim. Kecelakaan saat barang dikirim, bisa saja saat barang dikirim oleh kurir entah menggunakan motor atau mobil tidak menutup kemungkinan misalnya barang tersenggol lalu jatuh. Walaupun tidak menutup kemungkinan seller yang lalai dalam memproses order pembeli, seller yang serius dalam penjualannya akan memperhatikan dengan baik barang yang dijual.

2 resiko di atas mudah sekali dihindari atau dicegah, saat barang sampai dan diterima anda akan diminta untuk menkonfirmasi kalau orderan anda telah selesai. Sebelum anda menkonfirmasi bahwa status orderan anda telah selesai, ada baiknya anda mengecek dulu barang yang telah anda beli dan baru konfirmasi selesai setelah yakin. Jadi kira-kira amankah jajan di Tokopedia? Pengalaman saya sendiri sih sangat aman dan untungnya belum pernah mengalami resiko yang saya tulis sendiri di atas. Paling parah paling hanya pengantaran yang lama saja, tapi itu wajarlah. Jadi boleh dibilang beli barang di Tokopedia sebetulnya sangatlah rekomended dan aman.

Ingin buka Toko di Tokopedia? Baca di Langkah buka toko di tokopedia dengan android.


belanja barang di tokopedia
image by freepnglogos
angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *