Apa itu SEO? Belajar SEO Dasar

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimalkan website / blog, supaya mendapat penilaian bagus dari search engine dan tampil di halaman sedepan mungkin. Dengan belajar SEO, anda dapat membuat website dan blog anda semakin mudah mendapat rank di mesin pencari yang berujung ke jumlah visitor / pengunjung yang lebih banyak.

Beberapa bagian yang perlu diperhatikan untuk belajar dasar-dasar SEO.

belajar SEO untuk website
image from freepik

Tujuan belajar SEO

Fungsi utama SEO adalah untuk mendongkrak peringkat sebuah situs di mesin pencari. Seperti bing, yahoo, goduck, dan pastinya google. Dengan mempelajari bagaimana cara mengaplikasikan ilmu SEO pada website / blog anda, pengunjung akan dapat bertambah. Apalagi kalau website anda berhasil mendapat lapak di page 1 mesin pencarian.

SEO sekarang ini sudah menjadi salah satu strategi marketing online bagi banyak bisnis atau brand. Sebut saja situs-situs terkenal yang pastinya anda tahu tokopedia atau detik news.

Anda sebagai pengguna internet pasti pernah menggunakan search engine untuk mencari sesuatu, lalu manakah yang akan anda lirik pertama kali? Pastinya yang teratas duluan yah.

Pentingnya SEO untuk website

Untuk mengoptimalkan website dengan mempelajari SEO, akan membutuhkan effort dan waktu yang tidak sedikit. Tidak hanya satu page saja yang harus dioptimasi dengan belajar ilmu SEO, tetapi seluruh page pada website anda. SEO juga adalah proyek jangka panjang yang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Perusahaan-perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan website dalam penjualan mereka akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit supaya website mereka SEO Friendly. Website dengan SEO yang baik akan mendapatkan angka visitor yang tinggi, angka visitor tinggi berarti potensi pendapatan pun makin bertambah banyak.

Bisakah website yang tidak mengaplikasikan teknik SEO mendapat posisi di page 1 search engine?

Bisa saja, hanya mungkin akan memakan waktu yang lama. Pasalnya banyak website yang sudah mengaplikasikan teknik SEO tetapi masih kesulitan mendapat lapak di page 1. Dan terlebih lagi sekarang mungkin hampir semua website yang ada sudah mengaplikasikan SEO, jadi bila ingin website anda masuk ke page 1 teknik SEO ini akan dapat mempermudah.

Dasar SEO yang perlu diketahui

Riset keyword

Keyword sangatlah penting untuk membuat konten website agar mesin pencari dapat lebih mudah menemukan sebuah website / situs. Cara paling basic untuk mencari keyword adalah dengan menggunakan google search engine.

belajar seo google search engine keyword research
image from google search

Di sini misalnya anda memasukkan keyword pencarian cara memasak dan terlihat secara berurutan mulai dari atas cara memasak ayam kecap, cara memasak cumi, cara memasak beras merah dan seterusnya. Ini berarti banyak orang yang mencari tentang cara memasak ayam kecap, cara memasak cumi dan seterusnya. Jadi anda bisa menggunakan keyword cara memasak ayam kecap pada konten website agar memungkinkan lebih banyak pengunjung yang datang.

Dan salah satu alat riset keyword SEO yang gratis untuk digunakan adalah google adwords keyword planner. Tinggal daftar saja akun atau login dengan gmail anda. Asalkan jangan melakukan pembayan atau top up. Setelah masuk ke dashboard adwords, langsung saja ke menu tools / setting yang ada di kanan atas dan pilih keyword planner.

On page SEO

SEO on page atau optimasi SEO yang dari dalam website anda. Seperti penulisan artikel yang berkualitas, penggunaan judul pada artikel, deskripsi website atau postingan hingga desain sebuah website. Tahapan ini merupakan merupakan tahap yang sangat penting, karena search engine akan menilai tinggi konten yang paling optimal dengan informasi yang paling akurat dan pastinya tidak copy paste dari situs lain.

Berikut adalah beberapa faktor yang termasuk dalam on page SEO

Judul konten atau artikel yang menarik

Judul page, homepage ataupun judul artikel postingan. Judul atau heading adalah kata-kata pertama yang akan dilihat oleh. Penggunaan judul yang menarik perhatian akan meningkatkan kemungkinan pengguna mesin pencari untuk memilih situs anda.

Penggunaan heading dan subheading pada konten artikel

Heading dan sub heading akan membagi artikel menjadi beberapa bagian yang nantinya akan mempermudah pembaca. Seperti menebalkan pada sub bagian artikel yang penting akan memberi kesan pada pembaca akan bagian penting dari sebuah artikel.

Selain heading dan subheading pada konten juga akan mempermudah navigasi, yang di mana pembaca mudah untuk mencari bagian tertentu dari konten artikel anda.

Media gambar atau video pendukung

Selain membuat halaman postingan anda menjadi lebih menarik, gambar atau video akan dapat mendukung topik yang akan anda bahas pada sebuah page. Search engine pun dapat mengaitkan pencarian gambar dengan artikel postingan anda.

Keyword pada konten

Keyword dalam SEO adalah hal yang terpenting, bila anda mau search engine menampilkan page anda untuk keyword tertentu maka anda harus menyisipkan kata-kata kunci tersebut pada konten anda.

Misalnya anda membuat artikel tentang cara memasak sayur, dengan memasukkan kata-kata cara memasak sayur tersebut akan membuat search engine dapat menampilkan page anda.

keyword search seo
image from google search

Seperti yang dapat anda lihat pada gambar di atas, hasil-hasil penelusuran yang ditampilkan akan memuat kata-kata yang dicari pada kontennya. Selain itu google kini juga sudah dapat menemukan sinonim dari kata-kata kunci yang digunakan. Seperti pada gambar, kata-kata resep pun digunakan oleh google untuk menampilkan hasil yang dicari.

Panjang dan kualitas konten

Panjangnya sebuah konten juga akan membuat page anda lebih mudah mendapat posisi di page pertama. Mengapa demikian? Karena konten yang lebih panjang akan memuat lebih banyak keywords dan mengunci pengunjung atau pembaca untuk lebih berlama-lama di page anda.

Selain konten yang panjang tentunya anda harus memperhatikan kualitasnya. Kualitas yang dimaksud di sini adalah apakah artikel atau konten anda merupakah hasil copy paste dari situs lain atau 100% sama, dan apakah artikel anda menarik untuk dibaca.

Artikel yang menarik untuk dibaca tentu akan mengunci mata pembaca lebih lama dan ini akan memberi indikasi kalau pengunjung senang pada situs anda.

Struktur website user friendly

Algoritma mesin pencari kini sudah semakin canggih, website dengan navigasi yang mudah akan dinilai lebih SEO friendly dan mendapat nilai lebih. Dengan interface website yang nyaman, pengunjung juga akan semakin betah, pengunjung yang betah akan menurunkan bounce rate.

Bounce rate adalah ketika pengunjung masuk ke suatu website tetapi tidak stay lama, atau langsung back atau close. Hal ini juga mempengaruhi peringkat website di search engine nantinya. Semakin lama seorang pengunjung stay di situs anda, semakin baik nilai anda nantinya.

Menggunakan kategori dan tag juga dapat membantu navigasi sebuah website. Penyusunan menu kategori konten yang baik akan mengelompokkan posting pada situs atau blog anda supaya lebih mudah dicari oleh pengunjung.

Outbound links dan internal links

Outbound link atau link URL yang mengarah ke website lain. Seperti di atas saya memberikan URL facebook.com, ini adalah outbound link karena link akan mengarah ke luar situs ini. Sedangkan internal link adalah link yang mengarah ke dalam website sendiri. Misalnya angindewa.com, link yang mengarahkan ke page lain saja.

Outbound link akan menambahkan impresi baik kepada algoritma search engine kalau anda juga memberikan referensi kepada situs lainnya.

Internal link akan membantu pembaca untuk menemukan artikel-artikel terkait yang berhubungan dengan artikel yang sedang mereka baca. Internal link juga berguna untuk meningkatkan page view sebuah website.

Loading speed website

Kecepatan loading sebuah situs juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan rank pada mesin pencarian. Website dengan loading speed yang lebih cepat akan memiliki nilai lebih tinggi daripada website dengan loading speed yang lambat.

Kecepatan loading ini dapat dioptimalkan dengan menggunakan theme / tema wordpress yang SEO friendly. Selain itu ada baiknya menggunakan gambar-gambar yang memiliki file size yang sekecil mungkin.

Tampilan mobile friendly

Mobile friendly website juga merupakan salah satu faktor penentu penting, terutama di era smartphone ini, karena sekarang ini lebih dari 50% pengguna menggunakan platform mobile untuk browsing internet.

Karena itulah penting untuk memastikan website anda agar tampil menarik dan nyaman terlihat di smartphone. Saat mendesain website sebaiknya lakukan sambil mengakses website anda dari mobile, untuk memastikan apakah situs anda sudah tampil mobile friendly.

Cara awal yang termudah adalah dengan memilih template blogspot atau theme wordpress yang tepat.

Off page SEO

Off page SEO melibatkan link building atau membangun backlink untuk website anda. Backlink adalah penempatan URL website anda dari website lain. Contohnya facebook, kalau anda mengklik anchor text tersebut akan tertuju ke website lain. Ini berarti facebook mendapat backlink dari situs ini, dan juga sebaliknya kalau facebook menaruh URL situs ini di situsnya.

Membangun Backlink Untuk Website

Backlink boleh dianggap sebagai referensi, anggap saja teman anda baru bercerita tentang restoran enak di suatu daerah, anda mungkin saja akan tertarik dan ikut berkunjung. Hal ini sama pada algoritma search engine, kalau website anda mendapatkan backlink dari website dengan nilai bagus maka website anda juga akan mendapat tambahan nilai.

Berlaku juga sebaliknya, kalau mendapat banyak backlink dari website yang menurut algoritma search engine kurang bagus, maka website anda juga akan mendapat nilai yang kurang bagus juga. Umpamakan anda mendengar kalau banyak mafia mengunjungi sebuah kafe, apakah anda masih mau datang ke sana? Apakah anda akan merekomendasikan kafe tersebut ke teman atau keluarga anda?

Keseimbangan antara on page dan off page

Walaupun memiliki backlink yang baik tetapi website yang berantakan tidak akan membuat pengunjung betah.

Karena itulah perlu dipikirkan dengan serius apakah situs anda sudah siap untuk mendapatkan banyak visitor. Karena seperti yang sudah ada pada penjelasan sebelumnya, yang terpenting adalah visitor yang datang pada website anda.

Manakah yang lebih penting, on page atau off page SEO?

Keduanya sama-sama penting, tetapi kalau harus memilih maka saya akan sebutkan kalau on page SEO lebih penting. Karena anda akan memiliki kontrol terhadap on page ini sehingga kalau terjadi kesalahan, akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan. Oleh karena itu akan lebih baik untuk memfokuskan pada on page pada awalnya barulah fokus pada off page setelah beberapa lama.
Dan bila anda pernah mendengar tentang istilah SEO “Content is King”, maka tentu anda akan mengerti mengapa saya menyebutkan kalau on page lebih penting.
Iklan restoran yang luar biasa tidak akan berarti bila kualitas masakan yang disajikan kurang.

Tools SEO yang dapat membantu

Sudah banyak tools berbasis website yang dapat membantu optimasi mesin pencari situs anda. Tools ini dapat menganalisa website anda dan memberikan informasi yang akan berguna dan membantu anda mengoptimalkan SEO website anda.

Contoh tools seperti ahrefs, semrush, ubersuggest dan lainnya, walaupun tools ini berbayar tetapi benefit yang bakal anda dapatkan bisa sangat membantu.

Catatan akhir

Terakhir yang perlu selalu diingat adalah SEO membutuhkan waktu, bukan teknik atau ilmu yang akan dapat secara instan mendapatkan hasil. Membutuhkan kesabaran, riset dan latihan untuk mendapat hasil yang anda harapkan.

Kuncinya di sini jangan menyerah dan terus menggali ilmu baru.

Pelajari tentang search engine optimization lebih lanjut lagi, ikuti link berikut

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *