Apa Itu E-Commerce

Electronic Commerce atau segala kegiatan komersial (transaksi jual beli) dengan perangkat elektronik. Sekarang ini e-commerce sudah menggunakan internet dan dapat diakses dengan mudah melalui komputer laptop atau smartphone. Perdagangan jenis inilah yang sekarang marak dilakukan oleh masyarakat luas, terutama di era smartphone dan internet ini. Contoh mudah e-commerce sekarang ini adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, bahkan banyak yang berjualan dengan menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

online shop e-commerce
image by freepik

E-commerce pun sama seperti kegiatan ekonomi pada dunia nyata, tidak semuanya menawarkan barang tapi ada juga jasa-jasa yang ditawarkan secara online. Contohnya seperti jasa desain, konsultasi secara online pun ada, bahkan mungkin jasa antar barang atau beli barang menggunakan GRAB / GOJEK pun bisa dibilang sebagai e-commerce.

Lantas apakah dagang secara real atau langsung sudah tidak bisa lagi sekarang? Bagi anda yang sangat gemar berbelanja online, akan ada saatnya anda pasti akan mendatangi toko untuk beli barang. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, anda pasti akan membutuhkan kegiatan luar rumah untuk refreshing. Siapa tahu saat anda berjalan di pusat perbelanjaan etalase sebuah toko menarik perhatian anda. Dan lagi karena ada beberapa barang yang akan lebih bagus kalau dibeli langsung dari toko atau outlet. Contohnya seperti pakaian. Kalau datang secara langsung tentu anda bisa mencoba dulu apakah sizenya cocok atau tidak barulah beli. Sedangkan kalau beli pakaian secara online anda hanya bisa mengandalkan size pakaian yang kita rasa nyaman saja. Contoh lainnya kalau kita ingin mendapati feelnya dulu sebelum yakin. Misalnya anda ingin beli HP baru anda bisa datang ke outletnya langsung dan lihat-lihat apakah warnanya cocok dengan anda atau pas tidak bila digenggam. Kalau tidak anda hanya bisa mengandai-andai memegang HP tersebut.

Beli barang secara online pun memiliki berbagai resiko pastinya. Seperti dibahas di Bagaimana Belanja Barang di Tokopedia – angindewa.com, tidak menutup kemungkinan kalau anda akan menerima barang yang salah atau barang yang cacat / rusak. Entah karena kesalahan pada pihak penjual atau kurir pengiriman. Sedangkan jika anda datang dan beli secara langsung, otomatis resiko tersebut hampir tidak ada.

Jadi itulah dia secara singkat mengenai E-Commerce. Perdagangan online yang kian maraknya saat ini membuat banyak sekali orang-orang berlomba untuk berjualan secara online. Cek topik lainnya di sini E-Commerce – angindewa.com.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *