7 Alasan Membeli Nama Domain Untuk Blogging

Kenapa membeli nama domain untuk blogging? Kebanyakan pemula menggunakan blogspot atau blogger.com untuk memulai blogging. Wajar saja karena blogger gratis dan mudah sekali untuk digunakan. Hampir tidak dibutuhkan modal untuk menggunakan blogspot dengan potensi keuntungan yang tinggi.

Satu hal yang mungkin tidak terlalu disukai adalah URL blogspot nantinya, atau link blog anda nantinya. Dengan menggunakan blogger secara gratis, penggunanya harus memakai nama sub domain blogspot. Contoh nama sub domain blogspot www.blog123.blogspot.com.

Kalau anda tidak menyukai URL blogspot.com tersebut, anda harus membeli nama domain dari beberapa registrar seperti namecheap, godaddy, dsb.

Kalau anda membeli nama domain tersebut, URL anda nantinya akan menjadi www.blog123.com.

Sudah ketahuan perbedaannya? Yap, untuk menggunakan nama domain sendiri pilihan anda maka harus membeli terlebih dulu. Tetapi tidak perlu khawatir, karena untuk membeli nama domain harganya tidaklah mahal. Selain tidak mahal, menggunakan nama sendiri memiliki beberapa kelebihan dibanding menggunakan sub domain blogspot.com.

Berikut 7 alasan kenapa membeli nama domain untuk blogging

mengapa membeli nama domain untuk blogging
image from freepik

Harga nama domain tidak mahal

Harga nama domain tergantung pada tld yang mau anda gunakan. Apa itu tld? .com, .net, .co, .web.id atau mungkin yang anda sebut-sebut sebagai nama belakang link. Harga bisa dimulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung dari tld yang dipilih.

mengapa harus membeli nama domain untuk blogging

Untuk domain yang menggunakan .com, harganya sekitar 125rb rupiah per tahun. Harga bisa lebih mahal atau murah tergantung dari tld yang mau anda pakai.

Lebih terpercaya

Karena gratis blogspot sering digunakan oleh spammer. Beberapa orang mungkin malah tidak mempercayai dan enggan membuka link blogspot tersebut.

Dengan tidak menggunakan link blogspot, anda membuang sedikit kesan kalau blog anda bukanlah spammer.

Pengalaman pribadi saya sendiri, pernah membeli produk yang dipromosikan di blogspot. Setelah melakukan transfer uang lalu sang penjual menghilang. Untungnya bukanlah jumlah yang besar.

Berhati-hatilah bila menggunakan atau hendak membeli sesuatu dari domain blogspot. Jangan tertipu dengan banyaknya komentar yang ada, karena komentar tersebut sangat mudah dipalsukan.

Keseriusan untuk blogging

Bukan berarti dengan menggunakan platform gratis blogger anda tidak bisa membuktikan keseriusan anda. Banyak juga blogspot yang sudah ramai visitor.

Tetapi bila anda serius mungkin mau mempertimbangkan wordpress. WordPress sudah digunakan oleh lebih dari 40% website di dunia bukanlah tanpa alasan.

Dengan menggunakan nama domain sendiri dan wordpress, maka anda akann lebih bebas mengekspresikan blog anda.

Merek

Membeli nama domain bukan hanya untuk blogging saja, dengan menggunakan nama yang mudah diingat atau menggunakan nama merek produk anda, website anda akan lebih terkenal dan ramai dikunjungi.

Sebut saja www.nike.com, company yang menggunakan nama companynya sekaligus brand ternama mereka sebagai nama websitenya.

Dengan menggunakan nama yang unik, logo atau gambar-gambar yang unik, blog atau website anda akan lebih cantik dan lebih dikenal oleh banyak orang.

Promosi

Seperti disebutkan di atas, menggunakan domain blogspot bisa saja mengundang kecurigaan orang lain, dengan begitu blog atau bahkan produk anda akan lebih sulit untuk dipromosikan.

Selain itu juga banyak situs-situs besar yang enggan mencantumkan URL blogspot sehingga membuat promosi lebih sulit.

Lebih mudah diingat

Tentunya tanpa kepanjangan blogspot.com, blog atau website anda akan lebih mudah diingat. Yang juga akan membuat visitor lebih senang dan mudah untuk datang kembali.

Kita lihat saja contohnya seperti facebook.com, instagram.com, youtube.com, wikipedia.org, dsb. Semuanya adalah custom domain yang namanya sudah diingat oleh banyak orang.

Keunggulan SEO

Karena wordpress banyak sekali digunakan baik untuk blogging hingga toko online, banyak sekali plugin yang dapat membantu optimasi SEO. Contohnya seperti plugin YOAST SEO, AMP, Novashare hingga plugin untuk mengkompres gambar seperti Smush.

Banyak sekali plugin yang dapat membantu anda mengoptimalkan SEO on page ataupun off page.


Akhir kata segalanya akan tergantung pada anda, apakah lebih ingin menggunakan blogspot atau wordpress. Sudah banyak juga pengguna blogspot yang blognya ramai visitor. Tetapi seperti ada pada poin di atas, blogspot memiliki beberapa reputasi kurang baik.

Dan hal yang ironis adalah walaupun blogspot adalah milik google, google sendiri sering menganggap blogspot sebagai spam. Ini jugalah alasan kenapa banyak pemilik blog / website yang enggan mencantumkan atau mendapat URL dari blogspot.

Kalau anda memang berniat memulai dengan blogspot terlebih dulu untuk mendapatkan bagaimana feelnya untuk blogging tidaklah masalah, karena proses migrasi ke platform wordpress cukup mudah.

angindewa

angindewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *